Hubungan manajemen masjid terhadap kualitas pelayanan jama’ah Masjid Al Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umamah, Nurul (2018) Hubungan manajemen masjid terhadap kualitas pelayanan jama’ah Masjid Al Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Umamah_E02214011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masjid adalah tempat ibadah setiap umat islam, tempat berserah diri kepada Allah, tempat mencari ilmu, bisa juga dikatakan Baitullah. Dan Dan ketika seorang muslim meninggal dunia, jenazahnyapun dishalatkan di masjid. Begitu pula ketika akan menunaikan ibadah haji, keberangkatannya seharusnya berawal pula dari masjid. Seyogyanyalah kehidupan umat islam selalu berawal dari masjid dan berakhir di masjid. umat islam masjid itu tempat umat islam dari hidup hingga matipun masih behubungan dengan masjid. Di Indonesia perkembangan masjid sangatlah pesat. Sehingga masjid memerlukan adanya pengelolaan yang terampil dan profesional dalam membagun suatu manajemen dengan kualitas keagamaan yang baik. Pengelolaan masjid yang profesional berarti mengembangkan masjid, akan tetapi memakmurkan masjid dengan mengoptimalkan peran dan fungsinya tidaklah mudah, maka diperlukan manajerial dengan cara tidak lain adalah dengan mengadakan berbagai macam program kegiatan diserta sarana fasilitas yang mempunyai kualitas keagamaan yang memadai. Dengan demikian agar kualitas keagamaan umat semakin meningkat maka perlu adanya hubungan manajemen masjid yang baik. Masjid Al Akbar Surabaya merupakan masjd yang begitu besar, dimana pengurus masjid mengupayakan supaya para jamaah dapat lebih menggunakan fasilitas manajemen yang tersedia. Maka dari itu Masjid Al Akbar Surabaya memiliki manajemen yang terbuka pada masayarakat atau para jamaah guna menghubungkan manajemen masjid dengan kualitas keagamaan mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif yaitu menganalisis data berdasarkan nformasi-informasi yang diperoleh dari hasil wawancara (interview), observasi langsung di masjid Al Akbar Surabaya. Dari hasil penelitian tampak bahwa manajemen masjid Al Akbar memiliki hubungan yang begitu erat dengan kualitas keagamaan, khususnya dilihat dari segi struktur kemasjidannya dan program di dalam masijid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umamah, Nurulnurulumamah96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Manajemen
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Masjid; kualitas Jama’ah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Umamah Nurul Umamah
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:37
Last Modified: 10 Aug 2018 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item View Item