Peningkatan keterampilan bercerita materi Kekhalifahan Ali Bin Abi Thalib pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan Strategi On Board Picture Stories siswa Kelas VI MI Hidayatun Najah Latsari Tuban

Virdausillah, Silvia Lady Beauty (2018) Peningkatan keterampilan bercerita materi Kekhalifahan Ali Bin Abi Thalib pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan Strategi On Board Picture Stories siswa Kelas VI MI Hidayatun Najah Latsari Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Lady Beauty Virdausillah_D07214018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah karena kurangnya siswa terampil bercerita dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, materi para kholifah pada siswa kelas VI MI Hidayatun Najah Tuban. Kurangnya terampil bercerita dikarenakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran guru tidak menggunakan media dalam menjelaskan materi, guru hanya menggunakan satu jenis metode yaitu ceramah saat mengajar yang menyebabkan siswa menjadi bosan. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa melalyui tindakan kelas dengan menggunakan media gambar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi on board picture stories dalam meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VI MI Hidayatun Najah Tuban?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan bercerita setelah penerapan strategi on board picture stories materi kekhalifahan Ali Bin Abi Thalib pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VI MI Hidayatun Najah di Tuban? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, penilaian performan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi on board picture stories dapat meningkatkan aktifitas guru dari 71,42(cukup baik) pada siklus I menjadi 82,14(baik) pada siklus II. Aktifitas siswa meningkat dari 63,33(cukup baik) pada siklus I menjadi 86,67 (baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan bercerita sejarah kebudayaan Islam nilai rata-rata 73,1 pada siklus I menjadi 76,9 pada siklus II dan persentase ketuntasan siswa 57,14% pada siklus I meningkat menjadi 80,95% pada siklus II.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Munawir, Munawir
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Sejarah Peradaban Islam
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Virdausillah Silvia Lady Beauty
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:42
Last Modified: 10 Aug 2018 01:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27000

Actions (login required)

View Item View Item