Kesetaraan gender wanita pendaki Gunung di Jawa Timur studi tentang feminis eksistensialis Simone De Beauvoir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amal, Ach Aminul (2018) Kesetaraan gender wanita pendaki Gunung di Jawa Timur studi tentang feminis eksistensialis Simone De Beauvoir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ach. Aminul Amal_E71214038.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Problematika Wanita Pendaki Gunung di Jawa Timur Studi Tentang Kesetaraan Gender Simone de Beauvoir”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga persoalan, yaitu: Pertama, Hal apa yang mempengaruhi wanita pendaki saat melakukan proses pendakian. Kedua, Bagaimana strategi wanita pendaki mengatasi masalahnya sehingga berhasil mencapai puncak tertinggi. Dan ketiga, Apakah wanita pendaki layak untuk memasuki wilayah maskulin (kegiatan yang dilakukan laki-laki). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode ini menjadi langkah awal bagi penulis untuk melihat, mengamati dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah itu penulis melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan, yaitu para wanita pendaki. Selain itu juga kegiatan sosialyang dilakukan para wanita pendaki saat berada di alam bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, masalah – masalah yang ada dalam diri wanita pendaki berasal dari internal dan eksternal.namn ada pengaruh positif yang kebih besar sehingga wanita pendaki terus ingin melanjutkan pendakiaannya, yaitu dikarenakan hobi, ingin mencintai ciptaan tuhan (alam), dan rasa ingin untuk mendapatkan pembuktian dari masyarakat. Kedua, untuk mengatasi masalah yang dalam diri seorang wanita pendaki, ia melakukan berbagai olahraga kecil setiap harinya untuk menambah stamina diri. Mereka juga menunjukkan sikap sosial yang baik saat berada dalam pendakian. Dan ketiga, perbedaan manusia hanya terdapat dalam rumah tangga, namun dalam sosial semua sama.wanita yang mempunyai sosial yang baik terhadap masyarakat juga berhak mendapatkan pengakuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amal, Ach Aminulaminulamal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Gender
Uncontrolled Keywords: wanita pendaki, feminis eksistensialis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Amal Ach. Aminul
Date Deposited: 10 Aug 2018 09:05
Last Modified: 10 Aug 2018 09:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26994

Actions (login required)

View Item View Item