Dampak teknologi informasi terhadap perilaku keagamaan pada remaja di Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiah, Asmaul (2018) Dampak teknologi informasi terhadap perilaku keagamaan pada remaja di Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
ASMAUL ISLAMIAH NIM E72214016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Dampak Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Keagamaan Bagi Remaja di Desa Menganti Gresik”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua permasalahan dalam kehidupan keagamaan remaja, yaitu: Pertama, bagaimana dampak teknologi dan informasi terhadap perilaku keagamaan bagi remaja saat ini di Desa Menganti Gresik?, Kedua, apa manfaat teknologi dan informasi terhadap perilaku keagamaan bagi remaja saat inidi Desa Menganti Gresik?. Dari penelitian ini dapat diketahui tingkat keimanan remaja, yakni dari pemahaman keagamaan yang dikerjakan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan yaitu aparat desa Menganti, tokoh agama, tokoh masyarakat desa Menganti, serta beberapa remaja di desa Menganti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehidupan keagamaan remaja di desa Menganti meliputi dua hal yang saling berkaitan, yaitu pemahaman, ibadah, serta perilaku yang dapat dilihat sehari-hari. Keduanya merupakan pokok dalam kehidupan keagamaan yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Pemahaman keagamaan remaja di desa Menganti sangat beragam. Pemahaman keagamaan tidak terlepas dari peran tokoh agama setempat dan para orang tua tentunya sangat wajar, karena di era teknologi informasi saat ini remaja pun memilih berkutat dengan gadget, sosial media, ketimbang harus mengurusi kegiatan di masjid. Para orang tua juga khawatir terhadap remaja masjid akan terlena dan terpengaruh ke dalam hal-hal yang negatif akibat pergaulan dan pengaruh teknologi informasi. Dalam melaksanakan shalat, remaja yang harusnya menerima mata pelajaran dari pagi hingga sore di sekolah harus memperhatikan seperti pakaian dan air bersih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiah, Asmaulasmaulislamiah99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan > Perilaku
Teknologi
Uncontrolled Keywords: Agama, Moral, Remaja, dan Teknologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Islamiah Asmaul
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:17
Last Modified: 09 Aug 2018 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26988

Actions (login required)

View Item View Item