Pendampingan petani buah melalui pemanfaatan markisa sebagai upaya peningkatan pendapatan rumah tangga di dusun Mloko desa Sumberbening kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khumiyatin, Khumiyatin (2018) Pendampingan petani buah melalui pemanfaatan markisa sebagai upaya peningkatan pendapatan rumah tangga di dusun Mloko desa Sumberbening kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khumiyatin_B02214007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan ibu-ibu RT 19 sebagai petani buah di Dusun Mloko melalui pengolahan buah markisa. Proses pendampingan ini dilakukan dengan cara mengolah markisa menjadi dodol buah. Dodol tersebut dijadikan produk wirausaha bersama dengan tujuan untuk membantu menambah pendapatan rumah tangga tapi tidak untuk menjadi tulang punggung atau menggantikan posisi seorang suami sebagai pencari nafkah.Pendampingan ini menggunakan pendekatan berbasis aset/kekuatan yang biasa dikenal dengan sebutan ABCD (Asset Based Community Development). ABCD merupakan pendekatan yang mengutamakan pemanfaatan aset atau potensi yang dimiliki masyarakat dan yang ada di sekitar mereka. Salah satu modal yang paling utama adalah keinginan untuk bisa hidup yang lebih baik dan hal tersebut tumbuh atas dasar kesadaran masyarakat itu sendiri. Peneliti melakukan pendampingan dengan pendekatan berbasis aset untuk melakukan perubahan dan menciptakan kemandirian dalam hal memanfaatkan kekuatan, aset dan potensi yang ada. Hasil dari pendampingan ini yaitu, masyarakat mampu dan bisa mengelola aset yang ada di sekitar mereka. Menciptakan kemandirian seorang ibu rumah tangga sekaligus dapat membantu perekonomian keluarga, sehingga tidak melulu bergantung pada penghasilan suami tetapi mereka juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui kegiatan pemanfaatan aset yang memberikan peluang usaha. Pendampingan ini difokuskan pada buah-buah markisa yang dibiarkan sia-sia hingga membusuk. Melalui ibu-ibu RT 19 buah markisa tersebut diolah menjadi dodol buah yang kemudian memiliki nilai jual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khumiyatin, KhumiyatinMia.khumiyatin24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan > Perempuan
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Pendampingan petani : Asset Based Community Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khumiyatin Khumiyatin
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:27
Last Modified: 09 Aug 2018 07:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26984

Actions (login required)

View Item View Item