Studi keagamaan para mualaf pasca konversi agama di masjid al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Urbah, Ana (2018) Studi keagamaan para mualaf pasca konversi agama di masjid al Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ana Urbah_E92214035.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh para mualaf di Surabaya yang semakin banyak akhir-akhir ini. Setelah menjadi Islam, para mualaf tersebut pastinya belum mengerti betul bagaimana ajaran Islam dan apa saja kewajibannya. Maka para mualaf ini setelah berikrar harus mengikuti kelas pembinaan di Masjid tempat mereka berikrar. Seperti yang dilakukan di Masjid al Falah Surabaya yang melakukan pembinaan kepada para mualaf. Dengan adanya kelas pembinaan tersebut para mualaf akan belajar dan memahami Islam secara benar dan mendalam. Dari hal ini penulis membuat penelitian untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai pemahaman para mualaf pasca konversi agama di Masjid al Falah Surabaya, mengetahui dan menjelaskan perilaku dan aktivitas keagamaan para mualaf, serta mengetahui dan menjelaskan respon keluarga tentang mualaf tersebut. Metode yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung dengan objek terhadap bagaimana mualaf melakukan aktifitas keagamaannya dan seberapa mereka memahami tentang pengetahuan keislaman. Tidak lupa juga penulis melakukan wawancara secara langsung dengan para mualaf tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah para mualaf di Masjid al Falah Surabaya telah memahami dengan baik pengetahuan dan pemahaman tentang Islam, yakni Rukun Islam, serta telah melaksanakannya walaupun masih ada yang belum lengkap. Kemudian mereka juga aktif dalam aktivitas keagamaan seperti rutin mengikuti kelas pembinaan keislaman di Masjid al Falah Surabaya, mengikuti kelas belajar baca qur’an dan mengikuti pengajian rutin di lingkungan tempat tinggal mereka. Para mualaf ini juga mendapat dukungan yang baik dari keluarga, walaupun ada sebagian yang keluarganya belum menerima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Urbah, Anaanazyy16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Masjid
Keywords: Konversi; Mualaf; Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Urbah Ana
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:47
Last Modified: 14 Aug 2018 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26976

Actions (login required)

View Item View Item