Analisis perbedaan qira’at dalam surah yasin (Aplikasi Manhaj al-Qira’at al-Mufassirah)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najati, Safinatu (2018) Analisis perbedaan qira’at dalam surah yasin (Aplikasi Manhaj al-Qira’at al-Mufassirah). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safinatu Najati_E03214016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Diantara keistimewaan Qira’at al-Qur’an adalah sebagai warisan Nabi SAW yang eksistensinya harus terus dijaga. Namun pada kenyataannya kajian terhadap Ilmu Qira’at relatif minim. Di tengah menurunnya minat dalam kajian Ilmu Qira’at, muncul kembali sebuah metode memahami al-Qur’an dengan menggunakan alat bantu Ilmu Qira’at serta perbedaan Qira’at yang ada, yakni Manhaj al-Qira’at al-Mufassirah. Oleh karenanya, penulis akan mencoba mengenalkan lebih dekat Manhaj al-Qira’at al-Mufassirah sebagai solusi bagi ayat-ayat al-Qur’an yang memiliki varian Qira’at yang beragam Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai varian Qira’at dalam surah Yasin dengan batasan Qira’at tujuh yang telah disepakati serta menganalisa perbedaan Qira’at tersebut dengan mengaplikasikan Manhaj al-Qira’at al-Mufassirah. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan model penelitian kualitatif, yakni meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang dialami. Oleh karenanya penelitian ini bersifat deskriptif dan lebih menonjolkan proses dan makna.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan Qira’at yang terdapat dalam surah Yasin, adakalanya berimplikasi pada makna dan sebagian besar tidak berimplikasi pada makna. Adapun Qira’at yang tidak berimplikasi pada makna, mayoritas dikarenakan perbedaan yang hanya sebatas pengucapan seperti idgham dan imalah. Sedangkan berdasarkan Manhaj al-Qira’at al-Mufassirah, perbedaan Qira’at dalam surah Yasin yang berimplikasi pada makna berfaedah mengabungkan dua hukum (makna) dengan menggabungkan dua Qira’at sehingga keduanya saling melengkapi sebagaimana Qira’at fa’azzazna dan fa’azazna yang terdapat dalam surah Yasin (36): 14 dan memperkaya makna lafaz al-Qur’an sebagaimana Qira’at nunakkis hu dan nankus hu yang terdapat dalam surah Yasin (36): 68.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najati, Safinatusafinanajaty752@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Qira'ah
Keywords: Qira’at : Yasin : Manhaj al-Qira’at al-Mufassirah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Najati Safinatu
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:50
Last Modified: 09 Aug 2018 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26974

Actions (login required)

View Item View Item