Etika mengkritik pemimpin (analisis penafsiran Ibn Kathir dan Hamka tentang Qaulan Layyina dalam Surah Taha Ayat 44)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salafi, Nuris (2018) Etika mengkritik pemimpin (analisis penafsiran Ibn Kathir dan Hamka tentang Qaulan Layyina dalam Surah Taha Ayat 44). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nuris Salafi_E93214098.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari munculnya permasalahan terhadap makna Qaulan Layyina dalam Surah Taha ayat 44 menurut Hamka dan Ibnu Kathir. Mereka memiliki perbedaan dalam menafsirkan lafadz tersebut. Mulai dari latar belakang pendidikan, latar belakang penulisan tafsir, dan corak yang sangat berbeda sehingga menghasilkan suatu makna yang berbeda pula. Untuk itu, dalam penelitian ini penulis ingin mengungkap perbedaan-perbedaan tersebut dengan mengumpulkan dua kitab tafsir yaitu Tafsir al-Quran al-Adzim dan Tafsir al-Azhar serta buku-buku yang bersangkutan dengan penelitian tersebut, yang mana metode ini sering disebut dengan library research (kepustakaan). Kemudian dua tafsir ini dibandingkan dan dianalisis secara rinci dengan buku-buku yang relevan dengan penelitian ini Penelitian ini menghasilkan beberapa perbedaan dan persamaan dari dua tafsir tersebut. Memang jika dilihat dari makna harfiahnya kedua tafsir ini hampir sama dalam menafsirkan lafadz qaulan layyina hanya saja ada beberapa sisi yang membedakannya, seperti dari segi munasabah dan coraknya. Makna qaulan layyina menurut Hamka adalah lemah lembut dengan suasana perdamaian sedangkan menurut Ibnu Kathir adalah lemah lembut, sopan santun, dan belas kasihan. Kontekstualisasi makna qaulan layyina menjadi salah satu cara dalam menyampaikan aspirasi atau pemikiran (kritikan kepada seorang pemimpin). Dengan sarana atau media untuk menyampaikan sebuah kritikan ataupun saran pada saat ini seperti melalui media sosial atau media cetak harus menggunakan bahasa bijak, santun dan lemah lembut dengan tujuan agar kritikan tersebut dapat diterima dan dijadikan sebagai kritik yang membangun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salafi, Nurisnurissalafi1993@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Etika
Keywords: Qaulan Layyina : Etika : Kritik : Pemimpin.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Salafi Nuris
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:00
Last Modified: 09 Aug 2018 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26973

Actions (login required)

View Item View Item