الكلام الإنشائي الطلبي في رواية رائحة التانغو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barang, Sifadelia Daeng (2018) الكلام الإنشائي الطلبي في رواية رائحة التانغو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Sifadelia Daeng Barang_A01214023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam kaidah-kaidah ilmu balaghah terdapat ilmu ma’ani, yang mana di dalam ilmu ma’ani ada pembahasan tentang kalam insya’ thalabi dan kalam insya’ ghoiru thalabi. Adapun dalam skripsi ini peneliti hanya membahas kalam insya’ thalabi saja, kalam insya’ thalabi adalah kalimat yang menghendaki terjadinya sesuatu yang belum terjadi pada waktu kalimat tersebut diucapkan. Kalam insya’ thalabi ada lima macam, yaitu: amr (kata perintah), nahyi (kata larangan), istifam (kata Tanya), tamanni (kata untuk menyatakan harapan terhadap sesuatu yang sulit terwujud), nida’ (kata seru). Dalaa el-Mufti adalah penulis Kuwait yang lulus dari university Florida pada tahun1982.
Berikut artikel-artikel dalaa al moufti di Koran al-Qabas.
1. بوابة أدب عربي
2. بوابة أدب
3. بوابة المرأة
4. بوابة الكوايت
5. بوابة أعلام
6. بوابة سوريا
Adapun obyek dalam penelitian ini adalah novel “Roihatu el-Tanggu” karya dalaa el-Mufti dan sumber data dari teks novel yang sama. Novel ini menceritakan tentang wanita dan manusia secara umumnya, tetapi lebih khusus kepada wanita karena banyaknya peran dan tokoh wanita pada novel tersebut. Dan didalam novel ini membahas tentang kegelapan yang dialami oleh wanita. Rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah, bagaimana bentuk kalam insya’i thalabi dalam novel Roihatu el-Tanggu? Dan apa makna kalam insya’i thalabi dalam novel Roihatu el-Tanggu? Jenis penelitin ini adalah penelitian pustaka dengan menggunakan metode kualitatif sesuai dengan data yang diperoleh berupa kata-kata dan kalimat yang mengandung macam-macam bentuk dan makna kalam insya’i thalabi dalam novel Roihatu el-Tanggu karya Dalaa el-Mufti. Adapun analisis yang digunakan yaitu analisis kalam insya’i thalabi yang merupakan cabang ilmu balaghah. Pada novel Roihatu el-Tangg karya Dalaa el-Mufti peneliti menemukan bentuk dan makna yang mengandung kalam insya’i thalabi. Yang terdiri dari lima macam bentuk kalam insya’i thalabi. Bentuk amr sebanyak 6 data, bentuk istifham sebanyak 21 data, bentuk nahi sebanyak 6 data, bentuk nida’ sebanyak 8 data, dan bentuk tamanni sebanyak1 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barang, Sifadelia Daenglavigne.adelia89@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Balaghah; Kalam Insyai
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Barang Sifadelia Daeng
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:21
Last Modified: 09 Aug 2018 06:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26952

Actions (login required)

View Item View Item