Perancangan fasilitas kesehatan mental di Blora dengan pendekatan healing environment

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shanty, Salindri Purusottama (2018) Perancangan fasilitas kesehatan mental di Blora dengan pendekatan healing environment. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Salindri PS_H73214012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Blora terjadinya gangguan mental meninggat drastis dari tahun 2013, peningkatan ini dipicu oleh tidak adanya fasilitas yang mewadahi penyembuhan serta adanya stigma negatif mengenai fasilitas kesehatan mental. Orang dengan gangguan mental memerlukan lingkungan yang mendukung untuk kesembuhan karena lngkungan dapat membentuk pola perilaku pengguna yang berdampak pada psikologi pengguna. Healing Envinronment merupakan suatu pendekatan perancangan dengan mengedepankan aspek pengurangan stress pada pengguna dengan melibatkan, psokologi, indra, dan alam sebagai komponen pembentuk lingkungan. Alam memiliki efek restoratif terhadap stress dan dapat memunculkan hormon positif pada seseorang. Sehingga peran lingkungan sangat berpengaruh dalam penyembuhan gangguan mental, maka penulis memliki ide untuk dapat merancang fasilitas kesehatan mental yang menggunakan pendekatan healing environment. Merancang bangunan, interior, ekterior hingga ruang luar yang dibutuhkan untuk
penyembuhan gangguan mental dengan membentuk lingkungan yang alami yang mudah dirangsang oleh indra sehingga berpengaruh positif terhadap psikologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shanty, Salindri PurusottamaSsottama@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Gangguan Mental; Faslititas Kesehatan Mental; Healing Environment
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Shanty Salindri Purusottama
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:48
Last Modified: 09 Aug 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item