Metode dakwah KH Mas Mansyur Tholhah dalam membentuk pribadi santri di pondok pesantren islam At-Tauhid Sidoresmo dalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muchlisin, Muchlisin (2018) Metode dakwah KH Mas Mansyur Tholhah dalam membentuk pribadi santri di pondok pesantren islam At-Tauhid Sidoresmo dalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchlisin____B01214004.pdf

Download (13MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana metode dakwah KH. Mas Mansyur Tholhah dalam Membentuk Pribadi Santri di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Surabaya; Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. diperoleh melalui hasil observasi, observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Penyajian data dari penelitian ini menggunakan format deskriptif yaitu dengan tujuan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, berbagai situasi yang timbul di masyarakat pondok pesantren yang menjadi obyek penelitian itu, kemudian menarik ke permukaan sebagai suatu ciri atau gambaran tentang kondisi, situasi tertentu.Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode dakwah yang dilakukan oleh KH. Mas Mansyur Tholhah dalam membentuk pribadi santri di pondok pesantren Islam At-Tauhid Surabaya adalah sebagai Metode Dakwah bil-lisaan formal: metode ini digunakan dengan cara mengisi mauidlotul hasanah di sela-sela kegiatan santri, berupa ceramah agama yang berlandaskan dari kitab-kitab kepada santri. Metode Dakwah bil-lisaan informal: Metode ini membiasakan para santrinya untuk selalu menjaga kebersihan pondok. Beliau mengajak para santri untuk membersihkan kotoran-kotoran atau sampah yang berserakan disekitar atau didalam pondok dan asrama, bahkan beliau sering terlihat membersihkan sampah sendiri. pedoman beliau adalah bersihnya sekitar adalah bersihnya hati “annadzofatu minal-iimaan” kebersihan adalah sebagian dari iman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muchlisin, Muchlisinsegosandal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Metode Dakwah : Pembentukan Pribadi : Pondok Pesantren.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muchlisin Muchlisin
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:15
Last Modified: 09 Aug 2018 04:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26948

Actions (login required)

View Item View Item