Mengatasi kecemasan dalam konsep Jean Paul Sartre dengan terapi zikir al Maraghi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulum, Salbiyah Madrijul (2018) Mengatasi kecemasan dalam konsep Jean Paul Sartre dengan terapi zikir al Maraghi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salbiyah Madrijul Ulum_E91214051.pdf

Download (16MB)

Abstract

Zikir mempunyai peran penting dalam kehidupan modern, dan diharapkan mampu memberikan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah di kehidupan manusia. Salah seorang mufassir terkemuka al-Maraghi menjelaskan bahwa zikir mempunyai manfaat sebagai obat dan ketentraman hati, termasuk rasa cemas dengan beragam penyebabnya. Seperti halnya kecemasan dalam pemikiran Jean Paul Sartre yaitu cemas akan penilaian orang lain dan cemas akan beban berat yang dipikulnya. Penulis menggunakan konsep zikir al-Maraghi untuk mengetahui implementasi zikir menghilangkan kecemasan dalam kehidupan modern. Penelitian kepustakaan ini yang bersifat library research (penelitian kepustakaan) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengn menggali langsung dari literatur dan dokumen. Untuk data primer seperti, Jean Paul Sartre, Tafsir al-Maraghi. Sedangkan data sekunder adalah buku-buku penunjang seperti jurnal, tesis dan lain-lain. Dari penelitian ini, bahwa Sartre ataupun manusia modern tidak mampu mengatasi kecemasannya. sehingga melarikan diri karena kualitas iman yang buruk, cara ini merupakan solusi yang tidak tepat. Penulis menghadirkan al-Maraghi sebagai jawaban kecemasan Sartre ataupun manusia modern dengan terapi zikirnya. Yaitu dengan mengingat Allah melalui kalimat-kalimatnya seperti, takbir, tahlil tahmid dan lain sebagainya. Dengan cara khafi> suara dipelankan dan bertafakkur terhadap kekuasaan-Nya. Bertafakkur dapat dilakukan dengan apapun berdiri, duduk dan lain sebagainya serta muhasabbah yaitu intropeksi diri menjadi lebih baik dari sebelumnya,

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulum, Salbiyah Madrijulsalbiyahmadrijululum@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Kecesaman; Jean Paul Sartre; Terapi Zikir; al-Maraghi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Ulum Salbiyah Madrijul
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:35
Last Modified: 15 Mar 2019 07:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26935

Actions (login required)

View Item View Item