Analisa dampak pembuangan limbah cair industri pengolahan tepung ikan terhadap kualitas air sungai dan ekosistem mangrove di Kalimireng Manyar Gresik

Khoiri, Miftakhul (2018) Analisa dampak pembuangan limbah cair industri pengolahan tepung ikan terhadap kualitas air sungai dan ekosistem mangrove di Kalimireng Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Miftakhul Khoiri_H04214002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sungai merupakan salah satu sumberdaya alam yang rentan terhadap pencemaran. Kalimireng merupakan sungai yang berada di kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Adanya industri pengolahan tepung ikan yang beroperasi di bantaran Kalimireng dimungkinkan dapat menimbulkan munculnya permasalahan dengan masyarakat akibat resiko pencemaran limbah cair pengolahan tepung ikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas sungai Kalimireng yang berada di sekitar tempat pengolahan tepung ikan dengan meninjau parameter fisika dan kimia diantaranya suhu, TSS, TDS, DO, BOD, COD, dan pH. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh pembuangan limbah tepung ikan terhadap ekosistem mangrove di daerah aliran sungai dengan melakukan pengujian kadar nitrogen dan fosfor yang terkandung dalam sedimen.Teknik pengambilan sampel air sungai dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling metode. Titik pengambilan data kualitas air terdiri dari tiga stasiun, yaitu stasiun A 50 meter sebelum outlet, sampel B tepat pada outlet limbah, sampel C 50 meter setelah outlet limbah. Pada masing-masing stasiun dilakukan 3 kali pengulangan pengambilan data. Selanjutnya sampel air diuji kualitasnya di Laboratorium Terintegrasi UINSA Surabaya. Teknik pengambilan sampel sedimen dalam penelitian ini dilakukan secara representatif. Sampel sedimen dianalisis di Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Surabaya untuk mengetahui kandungan unsur hara nitrogen dan fosfor. Selanjutnya analisis data menggunakan teknik komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status indek pencemaran yang ada di Sungai Kalimireng dikatagorikan sebagai pencemaran ringan, karena nilai indeks pencemaran kualitas air (ip) 0.05 – 8. Sampel sedimen yang diambil di stasiun A memiliki kandungan nitrogen dan fosfor yang lebih tinggi dibanding dengan sampel sedimen yang diambil di stasiun B. Nilai kerapatan dan %tutupan di kedua lokasi pengamatan mangrove menunjukkan stasiun B memiliki kepadatan yang baik dibanding stasiun A. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan untuk penelitian lebih lanjut mengenai pencemaran kualitas air Sungai Kalimireng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mauludiyah, Mauludiyah
Uncontrolled Keywords: limbah cair tepung ikan; kualitas air; indeks pencemaran; ekosistem mangrove; Sungai Kalimireng.
Subjects: Ilmu Kelautan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Khoiri Miftakhul
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:58
Last Modified: 09 Aug 2018 03:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26929

Actions (login required)

View Item View Item