Pendampingan Jama'ah "Berzanji" dalam peningkatan nilai ekonomi jahe di Dusun Pucung Desa Ngrencak Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafsiyah, Izzatun (2018) Pendampingan Jama'ah "Berzanji" dalam peningkatan nilai ekonomi jahe di Dusun Pucung Desa Ngrencak Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzatun Nafsiyah_B72214029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada kelompok Jama’ah "Berzanji" sebagai bentuk penguatan ekonomi melalui kemandirian berwirausaha. Dengan membangun kesadaran terhadap potensi yang dimiliki, agar mampu untuk menghasilkan hal-hal yang bernilai positif terhadap keluarga. Sehingga aset yang pada awalnya tidak dimanfaatkan dengan baik, kini mampu meningkatkan kreatifitas dan pendapatan untuk menambah perekonomian keluarga.
Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yakni pendampingan dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk meraih tujuan yang diinginkan. Asset Based Community Development (ABCD) memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh seluruh manusia / masyarakat dalam melakukan perubahan sosial.
Melalui kegiatan yang menciptakan kemandirian perempuan (Ibu-ibu kelompok dampingan) dalam meningkatkan penghasilan, maka dibentuklah kelompok wirausaha pembuatan olahan Jahe yang selama ini di jual dengan harga yang murah oleh tengkulak dan ketidakmampuan untuk mengolah komoditas tersebut. Pelatihan dan uji coba pembuatan olahan jahe memberikan nuansa baru dan mendorong pola hidup berkemajuan. Adapun kendala yang dihadapi oleh peneliti adalah sulitnya mengajak masyarakat Dusun Pucung bergabung untuk bersama-sama belajar menjadi seorang wirausaha. Hal itu tidak terlepas dari kebiasaan hidup mereka yang seadanya. Di samping itu masih minimnya tenaga ahli yang dapat mengontrol dan memfasilitasi baik ketika proses produksi, pengemasan maupun pemasaran. Dengan terdaftarnya usaha tersebut di UMKM, Ibu-ibu Jama’ah "Berzanji" semakin semangat dan giat untuk menjadi kelompok berwirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafsiyah, IzzatunIzzatunnafsiyaah16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Masyarakat Islam
Pemberdayaan > Perempuan
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan aset; Usaha jahe; Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nafsiyah Izzatun
Date Deposited: 09 Aug 2018 09:46
Last Modified: 09 Aug 2018 09:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26922

Actions (login required)

View Item View Item