Remaja dan globalisasi: studi kasus tentang perilaku keagamaan remaja pada era globalisasi di Kelurahan Tlogoanyar Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Sayyidatun (2018) Remaja dan globalisasi: studi kasus tentang perilaku keagamaan remaja pada era globalisasi di Kelurahan Tlogoanyar Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sayyidatun Nadhifah_E92214041.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena globalisasi dewasa ini dan di masa datang sedang dan terus mempengaruhi perkembangan sosial budaya, keagamaan, perilaku, cara berbusana, dan lain-lainnya. Globalisasi sebenarnya bukanlah fenomena yang baru terjadi bagi masyarakat muslim Indonesia khususnya bagi para remaja. Perbentukan dan perkembangan masyarakat muslim Indonesia bahkan berbarengan dengan datangnya berbagai gelombang globalisasi secara konstan dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah dampak atau pengaruh globalisasi terhadap kehidupan remaja, khusunya dalam hal perilaku keagamaan remaja di Kelurahan Tlogoanyar Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penulis melakukan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara secara langsung kepada narasumber, metode literatur dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menganalisis data dengan menggunakan teori kebutuhan dasar manusia Abraham Maslow. Dimana dalam teori ini Maslow memiliki asumsi dasar, bahkan tingkah laku manusia dapat ditelaah melalui kecenderungannya dalam memenuhi kebutuhan hidup, sehingga bermakna dan terpuaskan. Untuk itu Maslow menempatkan motivasi dasar manusia sebagai sentral teorinya. Manusia memiliki sifat dasar yang tidak akan pernah sepenuhnya merasa puas, karena kepuasan bagi manusia bersifat sementara. Ketika suatu kebutuhan terpuaskan maka akan muncul kebutuhan lain yang lebih tinggi nilainya, yang menuntut untuk dipuaskan, begitu pula seterusnya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa globalisasi memang mempengaruhi perilaku keagamaan remaja di Kelurahan Tlogoanyar Kabupaten Lamongan. Perilaku keagamaan remaja yang semula terkontrol dan terkondisikan secara baik mulai memperlihatkan perubahan secara cepat yang mengakibatkan rusaknya system yang terkontrol dan terkondisikan dengan baik sebelumnya. Dimana remaja Kelurahan Tlogoanyar merasa dengan adanya perkembangan globalisasi mempermudah para remaja menemukan jati diri mereka, akan tetapi banyak dari para remaja tidak memanfaatkan perkembangan globalisasi secara bijak agar tidak menimbulkan pengaruh negatif untuk masa depan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Sayyidatungdhifa@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Islam
Remaja, Gaya hidup
Teknologi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Globalisasi: Remaja: Perilaku Keagamaan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nadhifah Sayyidatun
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:46
Last Modified: 14 Aug 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26917

Actions (login required)

View Item View Item