Strategi Radio Suara Tebuireng seagai media dakwah dalam program Ngaji Bareng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bachtiar, Rego (2018) Strategi Radio Suara Tebuireng seagai media dakwah dalam program Ngaji Bareng. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rego Bachtiar_B01212027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi radio Suara Tebuireng dalam program Ngaji Bareng. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi Radio Suara Tebuireng Sebagai Media Dakwah Dalam Program Ngaji Bareng. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sehingga data yang didapatkan oleh peneliti akan disajikan dengan cermat secara deskriptif menggunakan kata-kata. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara untuk menegaskan keabsahan data digunakan teknik triangulasi dan penggalian data melalui referensi yang memadai. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa strategi radio Suara Tebuireng FM sebagai media dakwah program Ngaji Bareng adalah menekankan pada strategi positioning dan format program. Dimana yang diterapkan adalah pengajian satu arah (monolog) ala pesantren dengan seorang kiai yang menjadi dai’nya atau sebagai narasumber (penyiar) untuk menyampaikan materi dengan menyelesaikan satu kitab yang telah ditentukan. Bentuk penyampainnya di barengi dengan Maknani sebagaimana budaya pengajian di pesantren dan di tutup dengan diaolog interaktif sebagai ciri khas dari radio itu sendiri. Adapun rekomendasi untuk penelitian berikutnya hendaknya dilakukan peneliti yang lebih mendalam pada strategi suatu program radio sehingga dapat ditemukan variasi-variasi baru dalam penggunaan strategi yang digunakan dalam program radio.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bachtiar, Regoregobachtiar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Radio - Penyiaran
Keywords: Strategi Radio; Media Dakwah; Ngaji Bareng
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bachtiar Rego
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:30
Last Modified: 09 Aug 2018 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26916

Actions (login required)

View Item View Item