Agama dan etos kerja : pengaruh nilai-nilai religiusitas dalam islam terhadap etos kerja pedagang madura di Pasar Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, St. Maisatul (2018) Agama dan etos kerja : pengaruh nilai-nilai religiusitas dalam islam terhadap etos kerja pedagang madura di Pasar Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Maisyatul Hasanah_E02214013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang “Agama dan Etos Kerja Pedagang Madura di Pasar Wonokromo Surabaya”. Penulis mengkaji penelitian ini karena pedagang Madura banyak berprofesi menjadi pedagan dan tersebar dibeberapa kota besar di Indonesia salah satunya kota Surabaya, etos kerja yang mereka punya apakah terbentuk dari keturunan, pola sosial budaya lingkungan yang ada atau terlahir dari agama . Adapun rumusan masalah saya angkat peneliti ini. Pertama, pandangan keagamaan pedagang Madura di pasar Wonokromo Surabaya, kedua, bagaimana etos kerja pedagang Madura di pasar Wonokromo Surabaya dan ketiga, hubungan agama dan Etos kerja pedagang Madura di pasar wonokromo Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini penulis menemukan bahwa masyarakatMadura dikenal dengan pantang menyerah dalam menggapai kesuksesan, yang mana gagal lima kali maka harus bangkit dengan sepuluh kali. Orang-orang Madura merupakan para pekerja ulet dan setia. Mereka dikenal sebagai orang yang memiliki watak keras, menjunjung tinggi harga diri, memiliki ikatan kekerabatan yang kuat. Mereka menilai kerja bagi seorang manusia adalah sebuah keharusan supaya hidup menjadi lebih baik. Mayoritas mayarakat Madura adalah beragama Islam, dengan pandangan agama yang berbeda setiap orangnya. Pedagang Madura di Pasar Wonokromo Surabaya memiliki keseragaman pandangan keagamaan tentang cara mereka berdagang. Diantaranya niat yang baik dalam berdagang, tidak melalaikan kewajibannya kepada Allah ketika berdagang, Dilandasi akhlak dan mental yang baik saat bertemu dengan pembeli, Tidak mau melakukan kecurangan, objek dagangannya halal. Pedagang Madura di Pasar Wonokromo Surabaya memiliki etos kerja yang sangat tinggi dan hubungan agama dengan etos kerja masyarakat Madura yang berjualan di pasar Wonokromo mempunyai sebuah relasi. Pemahaman agama masyarakat Madura yang berjualan di pasar Wonokromo memberikan motivasi, dorongan dan etos kerja yang didalamnya terdapat nilai ibadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, St. Maisatulmaisatul.hasanah14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja, Madura, Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Hasanah ST Maisatul
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:31
Last Modified: 13 Aug 2018 02:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26912

Actions (login required)

View Item View Item