Penerapan pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas VA MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Ilil Ni'matul (2018) Penerapan pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas VA MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ilil Ni'matul Maghfiroh_D77214067.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VA MI Roudlotul Banat Sidoarjo dengan menggunakan pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin dan selesai dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus PTK terdapat 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan guided inquiry pada mata pelajaran IPA kelas VA berjalan dengan baik dan dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik serta persentase ketuntasan belajar peserta didik. Hasil aktivitas guru pada siklus I mencapai 86,84 (sangat baik) dan meningkat menjadi 93,42 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil aktivitas pesert didik mencapai 86,76 (sangat baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 93 (sangat baik) pada siklus II. Selain itu hasil persentase ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan belajar hanya 40% dan meningkat menjadi 84% pada siklus II. 2) Hasil rata-rata keterampilan proses sains secara keseluruhan mengalami peningkatan dari 64,79 pada siklus I menjadi 84,6 pada siklus II. Keterampilan proses sains meliputi mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, menginferensi dan mengkomunikasi. Rata-rata mengamati pada siklus I mencapai 75,2 dn 95 pada siklus II. Sedangkan mengklasifikasi mendapatkan rata-rata 78 pada siklus I dan mendapat rata-rata 79,2 pada siklus II. Selanjutnya yakni memprediksi yang mendapat rata-rata sebesar 54,4 pada siklus I dan 75 pada siklus II. Lalu menginferensi mendapat rata-rata 45,3 pada siklus I dan mendapat rata-rata 92,8 pada siklus II. Dan terakhir mengkomunikasi mendapatkan rata-rata sebesar 71 pada siklus I dan mendapat rata-rata 81 pada siklus II. berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran guided inquiry mampu meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas VA MI Roudlotul Banat Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Ilil Ni'matulmaghfirohilil@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Inkuiri
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Guided inquiry; keterampilan; sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maghfiroh Ilil Ni'matul
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:21
Last Modified: 10 Aug 2018 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26894

Actions (login required)

View Item View Item