Perancangan sentra PKL dengan pendekatan urban retrofitting di Taman Pinang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Vika Amalia (2018) Perancangan sentra PKL dengan pendekatan urban retrofitting di Taman Pinang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Vika Amalia F_H93214026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk perkotaan yang semakin meningkat, salah satunya di Kota Sidoarjo menyebabkan meningkatknya kebutuhan lapangan pekerjaan. Sektor informal salah satunya yaitu PKL (Pedagang Kaki Lima) merupakan solusi masalah pengangguran bagi masyarakat sehimgga hal ini mendorong mncul dan berkembangnya PKL di kota-kota besar salah satunya di Taman Pinang Sidoarjo. Keberadaan PKL di Taman Pinang Sidoarjo menimbulkan beberapa permasalahan Karena keberadaan PKL sangatlah penting untuk dapat menstabilkan kondisi perekonomian di Kota Sidoarjo dan juga dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Anggaran Daerah). Perancangan Sentra PKL di Taman Pinang Sidoarjo dengan Pendekatan Urban Retrofitting dan nilai-nilai Arsitektur Islam dapat menjadi solusi untuk meningkatkan eksistensi Sentra PKL yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat serta meningkatkan kembali fungsi sebagai ruang terbuka publik. Yang berusaha untuk meciptakan sebuah sistem yang berkelanjutan (sustainability) mengintegrasikan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan merupakan upaya untuk meciptakan kehidupan masa depan yang lebih baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, Perancangan Sentra PKL di Taman Pinang Sidoarjo menggunakan konsep “Low Impact-High
Performance” sehingga dengan adanya konsep dasar tersebut bangunan dapat menjawab dari adanya permasalahan yang ada selama ini. Sehingga bangunan dapat bejalan secara optimal. Pengaplikasian konsep “Low Impact-High Performance” dalam desain meliputi konsep bentuk bangunan yang dapat menjadi identitas objek dan dapat menjadi landmark kawasan, konsep organisasi ruang yang dapat menyatukan masyarakat untuk bisa berinteraksi antar sesama tanpa adanya batasan kalangan, konsep sirkulasi bangunan yang dapat meratakan nilai jual dari tiap masing zona pada bangunan, dan konsep eksterior dan interior yang bisa membuat nyaman bagi penggunanya. Dengan adanya konsep dasar tersebut, perancangan bangunan Sentra PKL dapat menjawab dari adanya permasalahan PKL yang ada selama ini. Sehingga bangunan dapat bejalan secara optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Vika Amaliavikaamalia069@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Sentra PKL; Taman Pinang Sidoarjo; Urban Retrofitting; Sustainable Building; Low Impact-High Performance
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Fauziah Vika Amalia
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:19
Last Modified: 24 Oct 2018 01:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26883

Actions (login required)

View Item View Item