Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar Fikih dalam materi Salat Id siswa Kelas IV MI Al Ahmad Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khikmah, Alfiyatul (2018) Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar Fikih dalam materi Salat Id siswa Kelas IV MI Al Ahmad Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alfiyatul Khikmah_D07214001.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV di MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo dalam materi salat id masih sangat rendah, dari 26 siswa hanya 6 siswa yang dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan maksimal. Hal ini disebabkan proses pembelajarannya kurang menyenangkan dan kurangnya variasi model pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar Fikih. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar fiqih materi Salat Id siswa kelas IV di MI Al-Ahmad Krian? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar fiqih materi Salat Id setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV di MI Al-Ahmad Krian? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, penilaian tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Fikih materi Salat Id siswa kelas IV di MI Al-Ahmad berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 72% (cukup), kemudian pada siklus II yang mana hasilnya meningkat yaitu 93% (sangat baik). Hasil observasi siswa pada siklus I yaitu 71% (cukup), kemudian pada siklus II yang mana hasilnya meninkat yaitu 91% (sangat baik). 2) Adanya peningkatan hasil belajar fikih materi Salat Id setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai rata-rata pada siklus I yaitu 68,8 (cukup), kemudian meningkat pada siklus II yaitu 89 (baik). Sedangkan prosentase ketuntasan pada siklus I yaitu 42% (kurang), kemudian meningkat pada siklus II yaitu 81% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khikmah, Alfiyatulalfiyakhikmah17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together; Hasil Belajar; Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khikmah Alfiyatul
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:08
Last Modified: 09 Aug 2018 07:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26878

Actions (login required)

View Item View Item