Usaha meningkatkan peran guru pendidikan agama Islam dalam mengantisipasi penyalahgunaan media internet oleh siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri (Boarding School) Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmawati, Akhustin (2018) Usaha meningkatkan peran guru pendidikan agama Islam dalam mengantisipasi penyalahgunaan media internet oleh siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri (Boarding School) Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhustin Rochmawati_D91214084.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. “ Through independent study, students become doers, as well as thinkers. Peranan internet dalam pendidikan sangatlah menguntungkan, tetapi tidak berarti dunia internet tidak luput dari dampak negatif dari penggunaannya. Untuk itu perlu adanya peran guru Pendidikan Agama Islam untuk berusaha membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami kandungan ajaran agama Islam secara menyeluruh, menghayati makna tujuan, yang pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup. Masalah yang dirumuskan peneliti terhadap penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media internet oleh siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri (Boarding School) Sidoarjo; dan (2) Bagaimana usaha meningkatkan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengantisipasi penyalahgunaan media internet oleh siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri (Boarding School) Sidoarjo. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisa deskriptif model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yakni, (1) Penggunaan media internet oleh siswa dapat dikatakan baik karena mereka mengetahui dampak positif dan negatif , serta adanya pengawasan dari sekolah sehingga penggunaan internet digunakan secara bijak oleh siswa; (2) Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajarannya berusaha mengantisipasi penyalahgunaan internet dengan cara memantau lewat waktu penggunaan, mengetahui terlebih dahulu tujuan penggunaan, serta adanya kerjasama guru dengan musyrif asrama dalam pengawasan penggunaan internet oleh siswa. Saran yang diberikan peneliti adalah untuk selalu mengingatkan atau memberikan wawasan tentang penggunaan internet secara bijak kepada siswanya. Karena jika digunakan secara baik dan bijak maka banyak ilmu pengetahuan baru yang akan didapatkan sehingga berdampak baik bagi kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmawati, Akhustinakhustin1995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Uncontrolled Keywords: Peran; Mengantisipasi; Media internet
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rochmawati Akhustin
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:57
Last Modified: 10 Aug 2018 08:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26872

Actions (login required)

View Item View Item