Upaya guru PAI dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa di MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Rizky (2018) Upaya guru PAI dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa di MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizky Wulandari_D71214078.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu dimensi pengetahuan yang harus tercapai dalam Kurikulum 2013 adalah keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif akan mengarahkan siswa untuk berfikir secara independen, optimal dan kritis. Peran penting keterampilan metakognitif inilah yang menjadi latar belakang peneliti untuk mengambil fokus mengenai upaya guru PAI dalam mengarahkan siswanya untuk memiliki dan meningkatkan keterampilan metakognitif mereka. Beberapa permasalahan yang akan digali dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran oleh guru PAI di MTs Hasanuddin Gedangan dan (2) bagaimana upaya guru PAI di MTs Hasanudin Gedangan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara tekhnik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisa deskriptif yang terdiri dari tiga alur, yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran oleh guru-guru PAI didalam kelas sudah cukup baik namun ada beberapa tahapan yang belum terlaksana dan pendekatan pembelajaran masih cenderung terpusat pada guru (2) Upaya peningkatan keterampilan metakognitif siswa yang dilakukan guru-guru PAI di Mts Hasanuddin sudah cukup baik yang ditandai dengan banyaknya indikator upaya peningkatan keterampilan metakognitif yang sudah dicapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Rizkywulanriz21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Peran Guru
Uncontrolled Keywords: Keterampilan metakognitif; guru PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wulandari Rizky
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:27
Last Modified: 09 Aug 2018 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26870

Actions (login required)

View Item View Item