Perancangan gedung Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Surabaya di Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur perilaku

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Rafiika Narulita (2018) Perancangan gedung Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Surabaya di Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur perilaku. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rafiika Narulita Sari_H93214030.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Surabaya yang berada di Sidoarjo merupakan sebuah Lembaga pemasyarakatan yang menangani khusus narapidana anak. Perancangan ini dilakukan mengingat semakin banyaknya tingkat kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak setiap tahunnya. Anak menurut Undang – Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak ialah anak yang Berkonflik dengan Hukum yang selanjutnya disebut Anak adalah anak yang telah berumur 12 (dua belas) tahun, tetapi belum berumur 18 (delapan belas) tahun yang diduga melakukan tindak pidana. Selain itu, permasalahan – permasalahan yang terjadi pada lapas saat ini diantaranya bercampurnya lapas anak dengan lapas orang dewasa; lapas yang mengalami kelebihan kapasitas (over capacity); dan desain lapas yang lebih megutamakan aspek keamanan tanpa memperhatikan aspek psikologis pengguna. Permasalahan inilah yang menjadi salah satu faktor anak tidak dapat optimal dalam melakukan pembinaan sehingga anak cenderung mengulangi perbuatannya (residivisme). Pendekatan Arsitektur Perilaku yang digunakan pada perancangan ini untuk mengatasi permasalahan yang ada sehingga mampu meminimalisir tingkat kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak. Perancangan dengan pendekatan ini menjadi dasar dalam observasi ke tempat – tempat yang sejenis. Kemudian melakukan pencarian data seperti penelitian terdahulu dan berbagai teori yang mendukung. Sebagai kesimpulan, penyajian data terkait pemrograman ruang, konsep desain perancangan dan beberapa gambar kerja eksterior maupun interior dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi sebagai ilustrasi desain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Rafiika Narulitarafiika26@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: LPKA; perancangan arsitek; arsitektur perilaku
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Sari Rafiika Narulita
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:37
Last Modified: 09 Aug 2018 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26863

Actions (login required)

View Item View Item