Perencanaan strategis sistem informasi pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menggunakan metode ward and peppard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Biyanti, Pipit Merit (2018) Perencanaan strategis sistem informasi pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menggunakan metode ward and peppard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pipit Merit Biyanti_H96214020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) merupakan perguruan tinggi yang sudah memiliki dukungan sistem informasi dan teknologi informasi sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi. Namun keberadaan sistem informasi yang ada masih belum saling terintegrasi dengan unit-unit kerja yang terkait sehingga pekerjaan menjadi tidak efisien. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk membuat perencanaan strategis sistem informasi sehingga dapat meningkatkan daya saing perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Ward and Peppard, dimana proses formulasi strategi dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pemahaman kondisi saat ini dengan melakukan analisis lingkungan bisnis internal dan eksternal serta analisis SI/TI internal dan eksternal. Analisis dilakukan dengan menggunakan beberapa tools yaitu SWOT dan Value Chain untuk analisis lingkungan bisnis internal, PEST dan Porter’s Five Force untuk analisis lingkungan bisnis eksternal, Mc Farlan’s Strategic Grid untuk analisis SI/TI internal. Hasil akhir penelitian berupa portfolio aplikasi yang dibutuhkan oleh UINSA yaitu sebanyak dua puluh dua aplikasi, sepuluh diantaranya sudah dimiliki namun masih membutuhkan penyempurnaan agar dapat digunakan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan bisnis perguruan tinggi, 4 diantaranya sudah dimiliki dan berlanjut karena masih dianggap bermanfaat dan cocok dengan strategi ke depan serta delapan lainnya adalah aplikasi baru yang dibutuhkan oleh UINSA dalam menjalankan aktivitas agar pekerjaan menjadi lebih efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Biyanti, Pipit Meritpipitmerit1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Perguruan Tinggi
Al Qur'an
Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Biyanti Pipit Merit
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:10
Last Modified: 09 Aug 2018 02:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26862

Actions (login required)

View Item View Item