Redesain pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur hijau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rasyid, Nurul Azizah (2018) Redesain pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur hijau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Azizah Rasyid_H73214011.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pasar Larangan adalah pasar tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung dan barang-barang yang diperjual belikan adalah berupa barang kebutuhan pokok. Pasar ini berada di Kabupaten Sidoarjo dan menjadi tujuan utama jalur distribusi berbagai jenis komoditas hasil bumi. Kondisi pasar Larangan saat ini memiliki permasalahan-permasalahan antara lain sirkulasi pengguna yang sempit, jenis barang dagangan tidak sesuai dengan kelompok komoditasnya, pedagang yang belum terwadahi, kurangnya perhatian terhadap lingkungan sekitar serta dampak buruk dari limbah yang dihasilkan membuat lingkungan sekitar menjadi kurang sehat dan kotor. Dari permasalahan-permasalahan tersebut maka perlu adanya Redesain pada pasar Larangan. Upaya redesain pada pasar Larangan yaitu dengan melebarkan sirkulasi pengguna yang ada didalam bangunan, mengelompokkan jenis barang dagangan sesuai dengan komoditasnya, menambahkan jumlah ruang jualan untuk para pedagang, menyediakan tempat pembuangan sampah, dan memberikan area Ruang Terbuka Hijau (RTH), adanya area tersebut para Pedagang Kaki Lima (PKL) dapat memanfaatkannya untuk berjualan, dan para pengguna pasar dapat memanfaatkannya untuk bercengkrama dengan sesama, beristirahat, serta makan dan minum karena sudah disediakan gazebo dan bangku taman. Pendekatan Arsitektur Hijau yang digunakan pada perancangan ini untuk mengatasi permasalahan pasar yang ada sehingga mampu menjalankan fungsinya secara optimal dengan fasilitas dan ruang yang dimiliki saling mendukung. Perancangan dengan pendekatan ini menjadi dasar dalam observasi ke tempat–tempat yang sejenis. Kemudian melakukan pencarian data seperti penelitian terdahulu dan berbagai teori yang mendukung. Sebagai kesimpulan, penyajian data terkait pemrograman ruang, konsep desain perancangan, serta gambar kerja eksterior maupun interior dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi sebagai ilustrasi desain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rasyid, Nurul Azizahnurulazizahrasyid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Redesain; pasar tradisional; arsitektur hijau
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Rasyid Nurul Azizah
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:24
Last Modified: 09 Aug 2018 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26859

Actions (login required)

View Item View Item