Analisis strategi pelayanan jamaah ibadah haji dan umroh dalam membangun citra positif pada PT. Ebad Alrahman Wisata Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhimmah, Fatihatul Firda (2018) Analisis strategi pelayanan jamaah ibadah haji dan umroh dalam membangun citra positif pada PT. Ebad Alrahman Wisata Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fatihatul Firda Muhimmah_B74214021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata “strategi” berasal dari bahasa yunani “strategos”, yang berasal dari kata“stratos”, yang memiliki arti militer, dan Ag yang memiliki arti pemimpin. Awal mula kata strategi digunakan oleh kalangan jenderal militer, dalam pembuatan rencana untuk menaklukan musuh. Hingga saat ini, strategi sering kali diartikan sebagai cara jitu untuk mencapai tujuan. PT. Ebad Alrahman Wisata Surabaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dalam pelayanan ibadah haji dan umroh. PT. Ebad Alrahman Wisata terletak di Frontage Jl. Ahmad Yani Kav. 151 H Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan para customer service dalam melayani jamaah ibadah haji maupun umroh. Karena seringkali yang jamaah katakan adalah sangat puas dengan pelayanan dari perusahaan yang bergerak dibidang travel ini. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan terakhir pengambilan keputusan. Dari penelitian ini, diperoleh bahwa analisis strategi dalam melayani jamaah ibadah haji dan umroh untuk membangun citra yang yang positif dimata masyarakat adalah dengan menerapkan strategi pelayanan yang baik dari mulai penyambutan jamaah ketika awal bertamu, kemudian mendaftar, dan sampai pada pelaksanaan ibadah haji dan umrohnya. Dari pelayanan yang diberikan secara maksimal itulah sehingga para calon jamaah ibadah haji dan umroh yang awalnya berniat hanya ingin melihat saja, sampai pada akhirnya tertarik untuk bergabung pada perusahaan dibidang travel ini. Pelayanan yang baik diberikan perusahaan iniuntuk semua jamaah tidak melihat dari status sosialnya. Pelayanan yangdiberi secara maksimal itulah pada akhirnya perusahaan ini menciptakan motto “terbaik dalam layanan ibadah” untuk dikenal oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhimmah, Fatihatul Firdafatihatulfirda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Haji
Layanan
Manajemen Strategi
Uncontrolled Keywords: Strategi; pelayanan; citra
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhimmah Fatihatul Firda
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:06
Last Modified: 10 Aug 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26857

Actions (login required)

View Item View Item