Penguatan masyarakat melalui kelompok bersih lingkungan dalam pengurangan risiko bencana tanah longsor di Desa Ngrencak Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahria, Thol'atuz (2018) Penguatan masyarakat melalui kelompok bersih lingkungan dalam pengurangan risiko bencana tanah longsor di Desa Ngrencak Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thol'atuz Zahria_B92214057.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya pendampingan masyarakat Desa Ngrencak Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dalam mengurangi resiko, ancaman dan kerentanan masyarakat terhadap bahaya bencana longsor yang seringkali terjadi dalam kurun waktu setahun sekali. Permasalahan yang muncul pada masyarakat adalah Bagaimana kerentanan resiko dan ancaman masyarakat dalam menghadapi bahaya longsor, Bagaimanakah strategi dalam menciptakan sistem ketahanan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Action Research (PAR). Hal yang mendasari dilakukannya metode PAR adalah adanya ketimpangan. Langkah untuk melakukan perubahan dimulai dari membangun hubungan kemanusiaan (inkulturasi), observasi, merumuskan masalah, membangun kesadaran masyarakat, perencanaan strategi tindakan kemudian melancarakan aksi perubahan dan langkah terakhir yaitu Refleksi. Pendampingan yang dilakukan peneliti bersama masyarakat yaitu pembuatan informasi peta rawan bencana longsor yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengetahui dimana saja letak kondisi lingkungan rawan bencana, sekaligus pemasangan patokan Jalur Evakuasi sebagai media atau alat informasi bagi masyarakat dalam hal kesiapsiagaan bencana serta penentuan titik kumpul sebagai zona aman. Dengan serangkaian kegiatan untuk mengatasi permasalahan, pemahaman serta pengetahuan masyarakat tentang kebencanaan. Maka hasil yang didapatkan yaitu Ketangguhan masyarakat dalam mengelola resiko ancaman dan dampak bahaya longsor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahria, Thol'atuzatuzzahria20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Kerentanan; Bencana; Kesiapsiagaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zahria Thol'atuz
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:05
Last Modified: 09 Aug 2018 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26849

Actions (login required)

View Item View Item