Redevelop Sirkuit Internasional Gelora Bung Tomo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyyah, Zakiyyah (2018) Redevelop Sirkuit Internasional Gelora Bung Tomo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyyah_H93214032.pdf

Download (13MB)

Abstract

Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki sirkuit balap permanen (Suhartono, 2018). Sirkuit balap Surabaya yang awalnya berada di Kenjeran kini berada di daerah, Pakal-Benowo, tepatnya kawasan Gelora Bung Tomo. Sirkuit ini merupakan sirkuit Internasional (Wawancara ketua IMI Jawa Timur dan jajarannya, November 2017). Saat ini, tepatnya waktu survey pada bulan Oktober, 2017 sirkuit balap Gelora Bung Tomo tengah dalam proses pembangunan sehingga belum terdapat bangunan fasilitas balap dan tata kawasan belum terbeentuk seluruhnya. Project ini dilihat dari perspektif aspek akademis perancangan dengan merespon issu dan permasalahan berdasarkan kondisi saat ini saja. Project ini juga merupakan project fiktif Tugas Akhir. Kondisi sirkuit Gelora Bung Tomo yang saat ini (Survey pada Oktober, 2017) belum ada bangunan fasilitasnya dan tata kawasan yang belum terbentuk secara keseluruhan diambil sebagai issue dan permasalahan. Jika dikaitkan dengan bidang arsitektur, syarat sebuah sirkuit untuk kegiatan balap harus terdapat bangunan–bangunan pendukung untuk keselamatan pembalap dan penonton. Bangunan-bangunan pendukung balap ini nantinya tidak lepas dari tata perletakannya terhadap tapak, yang tentunya tidak mengubah kondisi lintasan/trek yang sudah ada. Oleh karenanya itu mengembangkan tata kawasan sirkuit yang ada juga diperlukan guna mempermudah pengunjung yang datang. Pendekatan metafora digunakan sebagai pendekatan rancang pada project ini. Fokus metafora yang diambil berkaitan dengan “IDENTITAS”. Inti pendekatan metafora yang digunakan adalah untuk menggambarkan identitas, baik identitas lokal, daerah, social, karakter & fungsi bangunan maupun alam lingkungan setempat yang disampaikan secara visual. Metafora IDENTITAS terinspirasi dari event-event kedaerahan yang sering diadakan di Surabaya. Event-event ini menunjukkan lokalitas dan identitas baik bersifat kedaerahan maupun social.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyyah, Zakiyyahzakiyyah.sasongko@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Redevelop sirkuit Gelora Bung Tomo; pengembangan tapak; perancangan bangunan-bangunan fasilitas; issu dan permasalahan aspek akademis; metafora identitas; visual
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Zakiyyah Zakiyyah
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:34
Last Modified: 09 Aug 2018 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26839

Actions (login required)

View Item View Item