تخليط الشفرة بين اللغة العربية و اللغة الإندونيسية في كتابة طلاب الفصل الثانى من المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سيدوارجو (دراسة علم اللغة الاجتماعي)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuaidah, Fathmah Fithrasyah (2018) تخليط الشفرة بين اللغة العربية و اللغة الإندونيسية في كتابة طلاب الفصل الثانى من المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سيدوارجو (دراسة علم اللغة الاجتماعي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
FATHMAH FITHRASYAH FUAIDAH_A71214035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

تخليط الشفرة بين اللغة العربية و اللغة الإندونسية في كتابة طلاب الفصل الثانى من المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سيدوارجو
Campur Kode Antara Bahasa Arab Dengan Bahasa Indonesia Dalam Tulisan Siswa-siswi Kelas XI di MAN SIDOARJO
Sosiolinguistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang ciri dan pelbagai variasi bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan manusia dalam berinteraksi antara satu sama lain. Komunikasi yang dilakukan oleh manusia tidak hanya melalui ucapan, melainkan melalui tulisan juga. Pada saat berkomunikasi manusia harus memperhatikan bahasa yang digunakan, seperti hal nya dalam kegiatan menulis sebuah karangan Bahasa Arab yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas XI dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN Sidoarjo. Disini, peneliti menemukan adanya Campur Kode dalam tulisan tersebut. Mereka banyak menyelipkan bahasa-bahasa asing (Bahasa Indonesia) didalamnya. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman mereka dalam berbahasa asing. Sehingga peneliti merumuskan sebuah masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu : bagaimana bentuk dan macam Campur Kode antara Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia dalam tulisan siswa-siswi kelas XI di MAN Sidoarjo. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bentuk dan macam Campur Kode antara Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia dalam tulisan siswa-siswi kelas XI di MAN Sidoarjo.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan dokumentasi. Teknik penganalisisan data dibuat dengan menggolongkan Campur Kode tersebut sesuai dengan bentuk dan macam Campur Kode dari masing-masing karangan siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah tulisan (karangan) Siswa-siswi kelas XI MAN Sidoarjo.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bentuk Campur Kode dalam bentuk kata terdapat 31 lafadz, frasa terdapat 13 lafadz, klausa terdapat 4 lafadz dan kalimat terdapat 1 lafadz. Sedangkan macam-macam dari Campur Kode, Disini peneliti hanya menemukan macam Campur Kode keluar saja, yakni Campur Kode antara Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuaidah, Fathmah Fithrasyahfathma10fithrasya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Campur Kode; bahasa Arab; dan bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fuaidah Fathmah Fithrasyah
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:55
Last Modified: 08 Aug 2018 08:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26836

Actions (login required)

View Item View Item