Relasi Islam dan budaya lokal kajian fungsi budaya topeng dalam membangun kohesi sosial masyarakat muslim Ambunten Tengah Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Mauedhatul Efayatis (2018) Relasi Islam dan budaya lokal kajian fungsi budaya topeng dalam membangun kohesi sosial masyarakat muslim Ambunten Tengah Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mauedhatul Efayatis Sholihah_E01214010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Relasi Islam dan Budaya Lokal Kajian Fungsi Tradisi Budaya Topeng dalam Membangun Kohesi Sosial yang di laksanakan di Desa Ambunten Tengah Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang peneliti hubungkan dengan teori kohesi solidaritas Emile Durkheim. Peneliti turun langsung ke lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, mencari sumber data, kemudian melakukan analisis, dan menyusun laporan. Dengan tujuan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan masalah yang diangkat oleh peneliti. Budaya topeng adalah drama musikal yang menggunakan topeng pada wajah pemainnya. Merupakan warisan nenek moyang secara turun temurun dan salah satu kebudayaan yang ada di daerah Sumenep serta menjadi sebuah tradisi masyarakat Ambunten Tengah saat acara tasyakkuran pernikahan. Budaya topeng dianggap baik oleh masyarakat Ambunten Tengah yang memiliki nilai-nilai keislaman sebagai sarana dalam membangun kohesi sosial masyarakat Ambunten Tengah sehingga budaya ini masih dilestarikan dan bertahan sampai saat ini. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa budaya topeng dengan kerelasiannya dengan ajaran agama Islam dapat menyatukan masyarakat sosial Desa Ambunten Tengah dengan adanya solidaritas antar satu dengan lainnya. Dilihat dari teori solidaritas Emile Durkheim, penelitian ini berkaitan dengan solidaritas mekanik Emile Durkheim karena dengan persamaan dapat menyatukan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Mauedhatul Efayatisevasholehah10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Antropologi Budaya
Sosiologi > Sosiologi Agama
Uncontrolled Keywords: Relasi Islam, Budaya Topeng, Kohesi Sosial.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Sholihah Mauedhatul Efayatis
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:12
Last Modified: 09 Aug 2018 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26829

Actions (login required)

View Item View Item