Pengorganisasian masyarakat dalam upaya pengurangan biaya kesehatan melalui pemanfaatan tanaman toga: studi di dusun Kebonduren Desa Besuki Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Galih Nur (2018) Pengorganisasian masyarakat dalam upaya pengurangan biaya kesehatan melalui pemanfaatan tanaman toga: studi di dusun Kebonduren Desa Besuki Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galih Nur Hidayatullah_B92214063.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian kali ini dilakukan di Dusun Kebonduren Desa Besuki Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Pada penelitian kali ini membahas tentang tingginya tingkat ketergantungan masyarakat terhadap obat kimia dan tingginya biaya kesehatan masyarakat. Peneliti melakukan pendampingan bersama kelompok kader PKK Dusun Kebonduren. Upaya yang dilakukan peneliti bersama kader PKK Dusun Kebonduren dalam menangani permasalahan diatas adalah mengajak masyarakat untuk beralih dari pengobatan kimia menjadi pengobatan alami melalui pemanfaatan tanaman toga sebagai upaya penurunan biaya kesehatan masyarakat. Penelitian kali ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yaitu metode yang melibatkan masyarakat secara aktif dalam memahami permasalahan yang mereka hadapi. Metode ini juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah mereka sendiri mulai dari proses awal program, pelaksanaan program, hingga evaluasi program sebagai upaya keberlanjutan program. Penelitian kali ini mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan obat alami melalui pemanfaatan tanaman toga sehingga mereka tidak lagi tergantung terhadap obat kimia. Perubahan yang telah dicapai melalui kegiatan ini adalah masyarakat mulai memiliki kesadaran untuk kembali memanfaatkan tanaman toga. Masyarakat juga mulai kembali menanam tanaman toga di pekarangan mereka, selain itu masyarakat juga membangun taman toga sebagai bentuk kampanye pemanfaatan toga. Diharapkan melalui pemanfaatan toga ini bisa menurunkan tingkat ketergantungan masyarakat terhadap obat kimia dan menurunkan biaya kesehatan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Galih NurGalihidaya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Kesehatan
Kesehatan

Organisasi Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; tanaman toga; kader PKK
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hidayatullah Galih Nur
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:51
Last Modified: 09 Aug 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26820

Actions (login required)

View Item View Item