Agama dan Budaya: studi tentang tradisi ruwatan masal di Kelurahan Kadipaten Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istaghfarin, Ida Fitria (2018) Agama dan Budaya: studi tentang tradisi ruwatan masal di Kelurahan Kadipaten Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ida Fitria Istaghfarin_E82214046.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Agama dan Budaya (Studi Tentang Tradisi Ruwatan Masal di Kelurahan Kadipaten Kabupaten Bojonegoro)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, antara lain : pertama, untuk mengetahui prosesi tradisi ruwatan masal di kelurahan Kadipaten kabupaten Bojonegoro dan kedua, untuk mengetahui makna tradisi ruwatan masal di kelurahan Kadipaten kabupaten Bojonegoro. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi guna untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana prosesi dan makna dalam tradisi ruwatan masal dengan menggunakan pendekatan antropologi. Dalam penelitian ini penulis membahas tentang tradisi lokal atau kejawen yaitu tradisi ruwatan. Ruwatan sendiri merupakan salah satu tradisi budaya turun temurun dari nenek moyang dan dilestarikan oleh masyarakat khususnya Jawa yang mempercayainya dengan tujuan untuk membuang kesialan dalam hidup dan akan mendapatkan keberuntungan serta apa saja yang belum tercapai akan tercapai setelah diruwat. Perilaku masyarakat Jawa tersebut menurut Clifford Geertz dapat dikategorikan dalam Islam abangan dalam bahasa lain disebut dengan Islam sinkretis yang dalam pelaksanaan ritualnya menggabungkan antara dua atau lebih agama atau aliran yang bertujuan untuk membentuk suatu aliran baru yang biasanya antara budaya lokal dengan ajaran agama, di mana dalam pelaksanaan ruwatan ini menggunakan sesaji dan ajaran Hindu-Budha yang masih kental meskipun dalam beberapa tahapan ritual telah disisipi do’a-do’a sesuai ajaran agama Islam. Ruwatan dipimpin oleh dalang dan dapat dilakukan secara masal ataupun individu, tetapi yang dilakukan di kelurahan Kadipaten Kabupaten Bojonegroro ini merupakan ruwatan masal yang diikuti oleh banyak peserta dengan mempunyai tujuan masing-masing setiap individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istaghfarin, Ida Fitriaiistaghfarin@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Uncontrolled Keywords: Budaya; Tradisi; Ruwatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Istaghfarin Ida Fitria
Date Deposited: 09 Aug 2018 10:03
Last Modified: 09 Aug 2018 10:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26817

Actions (login required)

View Item View Item