Analisis kelayakan lahan mangrove menjadi lahan tambak di Desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotib, M. Nur (2018) Analisis kelayakan lahan mangrove menjadi lahan tambak di Desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Nur Chotib_H04214001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Sidoarjo berbatasan langsung dengan kota Surabaya, kabupaten Gresik, kabupaten Pasuruan, dan selat Madura. Kabupaten Sidoarjo tediri dari 18 kecamatan, dan 7 kecamatan terletak dipesisir dimana tumbuhnya hutan mangrove yang ada di Sidoarjo. Salah satu kecamatan tersebut ialah Kecamatan Sedati. Cara untuk mempertahankan dan menjaga kelestarian mangrove yaitu dengan mengkaji kelayakan lahan mangrove menjadi lahan tambak di desa Segoro tambak, hingga saat ini masih belum dilakukan analisis mengenai kelayakan lahan mangrove desa Segoro tambak, Maka penelitian ini menarik untuk dilakukan terutama untuk menghitung nilai total ekonomi dan membandingkan kelayakan antara lahan mangrove menjadi lahan tambak. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui nilai ekonomi total (total economi value) lahan mangrove dan mengetahui studi kelayakan lahan mangrove mejadi lahan tambak di Desa Segoro Tambak. Metode yang digunakan untuk menghitung nilai total ekonomi dan kelayakan lahan mangrove menjadi lahan tambak adalah dengan Total Ekonomi Value dan Return/Cost. Hasil analisis Nilai Ekonomi Total lahan mangove di Desa Segoro Tambak memiliki nilai total Rp 12.370.714.870 per tahun, terdiri dari Nilai Manfaat Langsung sebesar Rp 2.227.985.440, Nilai Manfaat Tidak Langsung Rp 10.071.660.000, Nilai Manfaat Pilihan nilai sebesar Rp 23.879.430, Nilai Manfaat Warisan Rp 90.000.000, Nilai Manfaat KeberadaanRp 108.000.000. Hasil analisis kelayakan lahan mangrove meenjadi lahan tambak didapatkan nilai R/C atas biaya tunai sebesar 1,25 dan nilai R/C atas biaya total sebesar 1,12 nilai lebih dari satu dinyatakan layak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotib, M. Nurnur_chotib14@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Kelayakan; mangrove; segoro tambak; ekonomi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Chotib Muhammad Nur
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:40
Last Modified: 08 Aug 2018 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26815

Actions (login required)

View Item View Item