Hubungan antara Word Of Mouth (WOM) dengan intensi membeli melalui Media Internet (Online Shopping) pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetyo, Budi Eko (2018) Hubungan antara Word Of Mouth (WOM) dengan intensi membeli melalui Media Internet (Online Shopping) pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Budi Eko Prasetyo_J01214006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman dan tekhnologi yang semakin cepat telah mempengaruhi perubahan gaya hidup sosial dalam berbagai aspek kehidupan, berkembangnya pemanfaatan media internet sebagai sarana berinteraksi sosial telah mengantarkan banyak kemudahan komunikasi maupun informasi dalam segala bidang. Internet berkembang dan banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia hingga saat ini, salah satunya adalah membeli lewat internet (Online Shopping). Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara word of mouth (WOM) dengan intensi membeli pada Mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Intensi membeli lewat internet (Online Shopping) merupakan kecenderungan yang mengarahkan seseorang untuk merencanakan pembelian lewatv internett. Persepsi terhadap WOM adalah penilaian terhadap pernyataan yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain nonkomersial baik merek, produk maupun jasa. Penelitian ini menggunakan 60 Mahasiswa aktif Prodi Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang pernah membeli lewat internet sebagai subjek penelitian. Penentuan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala intensi membeli lewat internet (Online Shopping) yang terdiri dari 21 aitem valid (α=0,810) dan skala persepsi terhadap word of mouth (WOM) yang terdiri dari 22 aitem valid (α=0,752). Hasil analisis dengan metode analisis korelasi Product Moment mendapatkan rxy=0,362 dengan P=0,004 (P<0,005), artinya hipotesis penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan yang positif antara kedua variabel tersebut artinya semakin positif word of mouth (WOM) semakin positif pula intensi membeli lewat internet (Online Shopping) pada Mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Islam Negeri sunan Ampel Surabaya maupun sebaliknya, semakin negatif word of mouth (WOM) nya juga semakin negatif intensi membelinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetyo, Budi Ekosidokumpulbleeding@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perilaku
Keywords: Intensi membeli; word of mouth (WOM); Online Shopping
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Prasetyo Budi Eko
Date Deposited: 09 Aug 2018 09:25
Last Modified: 09 Aug 2018 09:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26811

Actions (login required)

View Item View Item