Implementasi rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia di pondok pesantren roudlotul qur’an tlogoanyar Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmono, Darmono (2018) Implementasi rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia di pondok pesantren roudlotul qur’an tlogoanyar Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Darmono_B94214064.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti adalah untuk mengetahui implementasi rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia sumber daya manusia di Pondok Roudlotul Qur,an Tlogoanyar Lamongan serta hambatannya.Untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan metedologi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan oleh penulis dengan cara dokumentasi, observasi, dan ineterview. Selanjutnya data dianalisis menggunakan penyajian data, menganalisis berangkat dari data yang disusun berdasarkan katagori-katagori sesuai dengan rumusan masalah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa implementasi dari rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an berbedah-bedah sesuai dengan jenis sumber daya manusia yang dibutuhkan. Dapat dicontohkan seperti asatidz rekrutmen diambilkan dari alumni dan lulusan pesantren salafiyyah. Untuk proses seleksinya dengan cara pendekatan secara langsung. Sedangkan pengurus masing-masing komplek rekrutmennya menggunakan cara pemilihan secara umum. Akan tetapi penjaringan calon diseleksi oleh keluarga ndalem. Rekrutmen pegawai dilakukan dengan cara mencari sumber daya manusia yang sarjana atau masih kulia, selain untuk mahasiswa diberlakukan juga untuk alumni Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an. Untuk menyeleksi sumber daya manusia yang statusnya dari luar atau mahasiswa melalui magang selama satu bulan. Dari situlah Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai standart.Dari pejelasan pemaparan penyajian data di atas dapat direkomendasikan bahwa rekrutmen dan seleksi di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an sesuai dengan teori-teori yang ada. Dari hasil analisa yang ada, dapat diketahui implementasi rekrutmen dan seleksi menggunakan metode rekrutmen dari dalam. Yang mana rekrutmen ini tidak diumumkan secara umum diberbagai media. Sedangkan implementasi seleksi menggunakan metode pendekatan secara langsung, kata lain tidak menggunakan metode pada umumnya, tidak menggunkan tes tulis, wawancara, dan tes pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmono, Darmonodarmonoatak13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen dan seleksi SDM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Darmono Darmono
Date Deposited: 09 Aug 2018 01:43
Last Modified: 09 Aug 2018 01:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26807

Actions (login required)

View Item View Item