صراع الجنس في رواية أحلام النساء الحريم لفاطمة المرنيسي: دراسة أدبية اجتماعية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vita, Rachma (2018) صراع الجنس في رواية أحلام النساء الحريم لفاطمة المرنيسي: دراسة أدبية اجتماعية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachma Vita_A71214078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan mengenai wanita dan gender merupakan pembahasan yang masih hangat dari dahulu. Meskipun sudah adanya gender yang menjelaskan mengenai peran-peran dari kedua jenis kelamin ini. Namun, ada beberapa pihak yang tetap merasa keberadaan gender hanya mengukung wanita. Memberkkan peraturan-peraturan yang menghalangi kebebasan wanita hanya karena perbedaan kelamin. Salah satunya adalah Fathimah Mernisi seorang feminisme asal Maroko ini membuat sebuah karya novel yang berjudul "perempuan-perempuan harem". Didalamnya berisi mengenai kukungan hak dan kebebasan wanita yang terjadi di dalam harem. Fokus permasalah dari penelitian ini adalah analisis kknflik gender yang ada pada novel "perempuan-perempuan harem". Untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari tokoh dalam novel. Adapun data yang dk gunakan dalam penelitian ini yakni berupa teks dalam novel perempuan-perempuan harem. Peneliyian ini menghasilkan 4 konflik gender, diantaranya : konflik perempuan dan batasan-batasannya, konflik laki-laki karena radio, konflik perayaan kelahiran bayi, konflik Samina dan Raja Faruk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vita, Rachmarachma.vita16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Uncontrolled Keywords: Konflik gender; Perempuan-perempuan Harem; Fathimah Mernisi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Vita Rachma
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:35
Last Modified: 08 Aug 2018 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26792

Actions (login required)

View Item View Item