Komunikasi interpersonal anggota tuli dengan anggota dengar dalam Komunitas Aksi Tuli AKTU) Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yahya, Nur Fahmi (2018) Komunikasi interpersonal anggota tuli dengan anggota dengar dalam Komunitas Aksi Tuli AKTU) Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Nur Fahmi Yahya_B76214080.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semua manusia adalah makshluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Dalam proses pemenuhan kebutuhan tersebut tentunya manusia melakukan komunikasi untuk menyampaikan pesan agar keinginan ataupun tujuannya tercapai. Tak terkecuali penyandang tuli yang mempunyai kekurangan pada indera pendengaran mereka. Karena bagaimanapun juga penyandang tuli tetap makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan etnografi dan metode deskriptif kualitatif. Yang mana studi ini mencoba mencari pemahaman tentang bagaimana proses komunikasi anggota tuli dengan anggota dengar dalam komunitas Aksi Tuli (AKTU) Sidoarjo dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah pengamatan dan wawancara. Analisis data. Hasil penelitian ini mendeskripsikan komunikasi interpersonal anggota tuli dengan anggota dengar dalam komunitas Aksi Tuli (AKTU) Sidoarjo berlangsung secara diadik atau tatap muka. anggota tuli komunitas Aksi Tuli (AKTU) Sidoarjo lebih memilih Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) sebagai bahasa sehari-hari mereka. Serta faktor penghambat dalam komunikasi interpersonal anggota tuli dengan anggota dengar dalam komunitas Aksi Tuli (AKTU) Sidoarjo adalah sifat tertutup serta rasa ketidaksetaraan. Sedangkan faktor pendukung adalah rasa mendukung serta sikap positif kepada sesama. Penelitian ini merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya meneliti lebih dalam tentang bagaimana proses komunikasi interpersonal penyandang tuli. Juga bisa diambil dari perspektif psikologi komunikasi dengan teori lain yang menarik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yahya, Nur FahmifahmiBR@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Komunikasi
Keywords: Tuli; Komunikasi; Interpersonal; Interaksi Simbolik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yahya Nur Fahmi
Date Deposited: 09 Aug 2018 09:10
Last Modified: 09 Aug 2018 09:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26788

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item