Peningkatan kemampuan mengenal lima huruf vokal melalui media bola huruf pada anak usia 3-4 tahun di Playgroup dan Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Taman Sidoarjo

Karoma, Siti (2018) Peningkatan kemampuan mengenal lima huruf vokal melalui media bola huruf pada anak usia 3-4 tahun di Playgroup dan Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Karoma_D78214038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan anak Playgroup dalam mengenal lima huruf vokal di Playgroup dan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Taman Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar anak dalam mengenal lima huruf vokal menunjukkan bahwa anak yang tidak tuntas sebesar 52,38% (Mulai Berkembang) dan 28,57% (Belum Berkembang). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penggunaan media bola huruf dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal lima huruf vokal pada anak usia 3-4 tahun dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lima huruf vokal setelah penggunaan media bola huruf pada anak usia 3-4 tahun di Playgroup dan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Taman Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I, siklus II dan siklus III terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumetasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan media bola huruf berkembang sangat baik pada siklus III dengan menggunakan media bola huruf dan ditambah media menghias gelas plastik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru pada siklus I meningkat dari 53,75% (Cukup) menjadi 64,47% (Baik) dan Sangat baik pada siklus III yaitu 86,84%. Sama halnya dengan aktivitas anak juga meningkat dari siklus I sebesar 53,75% (Mulai Berkembang) menjadi 64,47% (Berkembang Sesuai Harapan) dan Berkembang Sangat Baik pada siklus III yaitu 86,84%. Ini semua dikarenakan guru lebih bisa memperhatikan semua anak dan tidak membeda-bedakan. Sehingga semua anak mendapatkan pengajaran yang sama pada siklus III. 2) Adanya peningkatan kemampuan mengenal lima huruf vokal setelah diterapkannya media bola huruf terlihat dari hasil ketuntasan anak mengenal lima huruf vokal berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata menunjukkan bahwa hasil pra siklus sebesar 23,80 (Belum Berkembang), pada tahap siklus I sebesar 54,16 (Mulai Berkembang), siklus II 67,26 (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus III menjadi 82,73 (Berkembang Sangat Baik) dan telah memenuhi indicator konerja yang ditetapkan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sucipto Dwijo, Al Qudus Nofiandri Eko
Uncontrolled Keywords: Mengenal Lima Huruf Vokal; Media Bola Huruf
Subjects: Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Karoma Siti
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:44
Last Modified: 13 Aug 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26766

Actions (login required)

View Item View Item