Bimbingan konseling islam dengan family therapy dalam menangani kesenjangan komunikasi antara ibu dan anak (study kasus sebuah keluarga di Kelurahan Perak Timur Kecamatan Pabean Cantian Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salimah, Nur Tahfuzus (2018) Bimbingan konseling islam dengan family therapy dalam menangani kesenjangan komunikasi antara ibu dan anak (study kasus sebuah keluarga di Kelurahan Perak Timur Kecamatan Pabean Cantian Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Tafuzus Salimah_B73214053.pdf

Download (32MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam dengan Family Therapy dalam menangani kesenjangan komunikasi antara Ibu dan anak? (2) Bagaimana hasil akhir Bimbingan Konseling Islam dengan Family Therapy dalam menangani kesenjangan komunikasi antara Ibu dan anak?Dalam menjawab permasalah tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif menghasilkan sebuah data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang berfokus pada saat proses bimbingan konseling islam dengan Family Therapy menangni kesenjangan komunikasi antara ibu dan anak.Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Faktor yang mempengaruhi kesenjangan komunikasi antara ibu dan anak yaitu faktor internal dimana sikap yang nampak pada saat ini merupakan perwujudan dari perasaan yang dialami keduanya. perwujudan dari perasaan ini muncul karena keduanya tidak siap menerima perubahan situasi dan kondisi saat ini dengan baik. sehingga hanya penyangkalan-penyangkalan yang dilakukan tanpa adanya proses penerimaan. Pada proses bimbingan konseling dengan Family Therapy konselor hanya memberikan dorongan berupa pertanyaan dan pernyataan yang bersifat membangun kesadaran pada diri klien serta dapat menerima keadaan pada saat ini. setelah dilakukannya proses konseling dengan menggunakan Family Therapy klien mulai menyadari akan apa yang dialaminya dan berjanji akan berubah menjadi orang yang lebih baik lagi dan belajar untuk lebih terbuka terhadap keluarga.hasil akhir dari proses bimbingan dan konseling islam dengan Family Therapy dalam menangani kesenjangan komunikasi antara Ibu dengan anak dalam penelitian ini cukup berhasil dengan menggunakan pendekatan human validation process model.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salimah, Nur Tahfuzustahfuzus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga
Keywords: Bimbingan Konseling Islam : Family Therapy : Kesenjangan Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Salimah Nur Tafuzus
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:25
Last Modified: 08 Aug 2018 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26756

Actions (login required)

View Item View Item