Peningkatan keterampilan proses sains mata pelajaran ilmu pengetahuan alam menggunakan media pop up book pada siswa kelas III SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo

Maiyesta, Onny (2018) Peningkatan keterampilan proses sains mata pelajaran ilmu pengetahuan alam menggunakan media pop up book pada siswa kelas III SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Onny Maiyesta_D97214118.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan proses sains siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. Proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa pasif di kelas. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan menggunakan media Pop Up Book dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui penerapan media Pop Up Book mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas III di SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan keterampilan proses sains mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah menggunakan media Pop Up Book pada siswa kelas III di SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media Pop Up Book berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat 79,16 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 94.45 (sangat baik). Sedangkan, nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,78 (cukup) menjadi 91,07 (sangat baik) pada sikus II. 2) Peningkatan keterampilan proses sains juga dapat dibuktikan dengan nilai keterampilan proses sains pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase keberhasilan kelas 36,84% (gagal) dan rata-rata 69,47 (cukup), siklus I diperoleh persentase keberhasilan kelas 73,68% (cukup) dan rata-rata 74,47 (cukup) dan pada siklus II persentase keberhasilan kelas 89,47% (baik) dan rata-rata 88,73 (baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rusydiyah, Evi Fatimatur
Uncontrolled Keywords: Keterampilan; sains; media pop up book
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maiyesta Onny
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:47
Last Modified: 10 Aug 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26755

Actions (login required)

View Item View Item