Peningkatan keterampilan motorik kasar melalui alat permainan simpai pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Bangun Pungging Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Amilatul (2018) Peningkatan keterampilan motorik kasar melalui alat permainan simpai pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Bangun Pungging Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Amilatul Zahroh_D98214050.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Alat Permainan Simpai, Motorik Kasar

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas kelompok A, yakni kegiatan motorik kasar disekolah jarang dilakukan hal tersebut dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah penerapan alat permainan simpai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan alat permainan simpai sebagai upaya meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok A Di TK Dharma Wanita Ds. Bangun Kec. Pungging Kab. Mojokerto. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana penerapan alat permainan simpai untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Ds. Bangun Kec. Pungging Kab. Mojokerto? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan motorik kasar melalui alat permainan simpai pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Ds. Bangun Kec. Pungging Kab. Mojokerto?Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian tersebut dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan selama tiga pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap rencana, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini anak kelompok A berjumlah 17 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) penerapan alat permainan simpai berjalan dengan baik pada Siklus II. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru pada Siklus I yaitu 80 (baik) dan pada Siklus II meningkat menjadi 86,66 (sangat baik). Untuk hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I sebesar 75 (baik) dan pada Siklus II naik menjadi 88,33 (sangat baik). 2) peningkatan keterampilan motorik kasar berdasarkan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 59,70 (cukup), pada siklus naik menjadi 69,70 (cukup) dan pada Siklus II meningkat menjadi 91,47 (sangat baik). Sedangkan persentase motorik kasar pada pra siklus sebesar 23,52% (Belum Berkembang), di Siklus I sebesar 52,94% (Mulai berkembang) dan pada Siklus II meningkat signifikan menjadi 88,23% (Berkembang Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Amilatulamilazahroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar Alat Permainan Simpai
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Zahroh Amilatul
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:30
Last Modified: 15 Aug 2018 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26747

Actions (login required)

View Item View Item