Peningkatan kemampuan berhitung melalui penggunaan media corong berhitung pada siswa kelompok B1 Taman Kanak-kanak Muslimat Wonocolo Surabaya

Karuniawati, Fajar (2018) Peningkatan kemampuan berhitung melalui penggunaan media corong berhitung pada siswa kelompok B1 Taman Kanak-kanak Muslimat Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fajar Karuniawati_D98214051.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung 1-20 terkait penjumlahan dan pengurangan. Hal ini dibuktikan dengan hasil mengerjakan latihan pengayaan,dari 20 siswa dalam satu kelas hanya 5 siswa yang mendapat skor BSH (Berkembang Sesuai Harapan) pada indikator menyebutkan hasil penjumlahan, sedangkan 3 siswa dengan skor BSH (Berkembang Sesuai Harapan) pada indikator pengurangan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media corong berhitung dalam rangka meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada siswa TK Muslimat Wonocolo Surabaya, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung 1-20 dengan menggunakan media corong terkait penjumlahan dan pengurangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B1 TK Muslimat Wonocolo Surabaya yang terdiri 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, dokumentasi, dan tes pengayaan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan media corong berhitung berjalan dengan baik pada siklus I. Hal ini dilihat pada aktivitas siswa yang antusias dalam penggunaan media corong berhitung, selain itu juga pada hasil observasi guru dan siswa yang mendapat skor dengan persentase 63,09%. Selain itu dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang meningkat dengan perolehan skor 79,76%, dengan kenaikan 6,65. 2) Adanya peningkatan kemampuan berhitung 1-20 yang dibuktikan dengan peningkatan nilai setelah menggunakan media corong berhitung pada siklus I sebesar 63,74% dan pada siklus 2 sebesar 76,87% dengan kenaikan perolehan persentase sebesar 13,13.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ahmad, Masyhudi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung 1-20, Corong Berhitung.
Subjects: Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Karuniawati Fajar
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:12
Last Modified: 10 Aug 2018 02:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26734

Actions (login required)

View Item View Item