Sejarah perkembangan aktivitas Masjid al-Falah Tuban tahun 1987-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriati, Hening (2018) Sejarah perkembangan aktivitas Masjid al-Falah Tuban tahun 1987-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hening Fitriati_A92214083.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Aktivitas Masjid Al-Falah Tuban Tahun 1987-2018. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Masjid Al-Falah Tuban (2) Bagaimana perkembangan aktivitas Masjid Al-Falah Tuban tahun 1987-2018 (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat aktivitas Masjid Al-Falah Tuban. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah melalui tahapan-tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosial. Sedangkan teorinya, penulis menggunakan dua teori yaitu: pertama, teori continuity and change oleh John Obert Voll (kelompok Islam berubah ke era modern karena adanya tantangan perubahan kondisi). Kedua, teori peranan oleh Levinson (suatu konsep tentang apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai sebuah organisasi). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Masjid Al-Falah Tuban merupakan masjid yang didirikan oleh Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila pada tahun 1987. Masjid Al-Falah Tuban terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 99 A Tuban Kelurahan Latsari Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Masjid Al-Falah merupakan salah satu masjid percontohan tingkat provinsi Jawa Timur. Pembangunan Masjid Al-Falah diinisiasi oleh beberapa tokoh diantaranya; Salman, Imam Syafii, dan Zainul Arifin. Penentuan lokasi di tempat tersebut dikarenakan dua faktor, yaitu nilai perjuangan dakwah dan memberantas kemungkaran. (2) Perkembangan aktivitas Masjid Al-Falah Tuban dari tahun 1987-2018 tidak terlepas dari susunan ketakmiran dan program kerja dari para takmir yang ada. Perkembangan meliputi aktivitas keagamaan seperti pengajian yang disiarkan melalui radio dan televisi milik masjid tersebut. Takmir merintis aktivitas pendidikan seperti TPQ, PAUD, RA dan sekolah inklusif. Masjid Al-Falah Tuban memiliki aktivitas sosial seperti; bakti sosial dan santunan anak yatim. Sedangkan aktivitas ekonomi masjid tersebut adalah menjual alat kematian. (3) Adapun faktor kemajuan aktivitas Masjid Al-Falah Tuban disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi masjid yang memiliki beragam fasilitas, takmir yang profesional, sumber keuangan yang memadai, pengarsipan baik, bekerjasama dengan pemerintah (KUA, POLRI, Pemerintah Tuban) dan instansi lain (Yayasan Mukena dan IIBF). Program kerja yang menjadi rujukan masjid lain serta dukungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat aktivitas Masjid Al-Falah Tuban disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya dukungan masyarakat di awal masjid berdiri, jam operasional toko kurang jelas, kesulitan mengondisikan personil, kurang komunikasi takmir, dan tempat pengajian terbatas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriati, Heningheningfitriati2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masjid
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah perkembangan Masjid; Masjid al-Falah Tuban
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fitriati Hening
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:18
Last Modified: 09 Aug 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26724

Actions (login required)

View Item View Item