Manajemen relasi Hubungan Masyarakat PT. Petrokimia Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diah, Anis Kurnia (2018) Manajemen relasi Hubungan Masyarakat PT. Petrokimia Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Kurnia Sa'diah_B76214060.pdf

Download (23MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini, mencakup tiga rumusan masalah, yakni: bagaimana upaya Humas PT. Petrokimia Gresik dalam mendengarkan pendapat, apresiasi, serta mengidentifikasi keinginan stakeholder; bagaimana upaya Humas PT. Petrokimia Gresik dalam menyampaikan sumbang-saran atau gagasan kreatif yang positif kepada manajemen; dan bagaimana upaya Humas PT. Petrokimia Gresik dalam menciptakan hubungan yang harmonis pada stakeholder. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dengan maksud untuk mendapatkan gambaran bagaimana sesungguhnya peristiwa dari manajemen relasi yang dilakukan oleh Humas PT. Petrokimia Gresik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa upaya Humas PT. Petrokimia Gresik dalam mendengarkan pendapat, apresiasi, serta mengidentifikasi keinginan stakeholder, meliputi: dengan secara aktif melakukan komunikasi dua arah dengan para stakeholder PT. Petrokimia Gresik, senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat di sekitar PT. Petrokimia Gresik, berperan sebagai Personal In Charge (PIC) yang mewakili perusahaan di masyarakat, menerima permintaan stakeholder yang belum teridentifikasi melalui surat serta memonitor berita tentang PT. Petrokimia Gresik di berbagai media untuk mengetahui respon masyarakat terhadap perusahaan. Upaya Humas PT. Petrokimia Gresik dalam menyampaikan sumbang-saran atau gagasan kreatif yang positif kepada manajemen, yakni dengan memberikan pemikirannya dalam rapat departemen untuk menyelaraskan kepentingan stakeholder dan perusahaan. Sedangkan beberapa upaya Humas PT. Petrokimia Gresik dalam menciptakan hubungan yang harmonis pada stakeholder, meliputi: menjalin hubungan secara personal dan kelembagaan dengan para stakeholder, bekerja sama dengan departemen lain dalam mengkoordinasi kegiatan PT. Petrokimia Gresik untuk membentuk solidaritas stakeholder internal, menerbitkan majalah GEMA sebagai media internal PT. Petrokimia Gresik untuk menciptakan sense of belonging stakeholder internal, mengelola situs web untuk menyediakan informasi terkait perusahaan yang dapat diakses oleh seluruh stakeholder, baik internal maupun eksternal serta mempererat solidaritas serta hubungan kekeluargaan pada lingkungan Departemen Humas sendiri melalui gathering yang diikuti oleh seluruh komponen yang berada di Departemen Humas PT. Petrokimia Gresik hingga karyawan yang telah pensiun sekalipun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diah, Anis Kurniaansadiah51@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Keywords: Manajemen Relasi, Humas, PT. Petrokimia Gresik.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sa'diah Anis Kurnia
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:19
Last Modified: 08 Aug 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26720

Actions (login required)

View Item View Item