Sejarah perkembangan Jam'iyah Sholawat Ibrohimiyah di Desa Sumberwaru Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik Jawa Timur tahun (2010-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nurul (2018) Sejarah perkembangan Jam'iyah Sholawat Ibrohimiyah di Desa Sumberwaru Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik Jawa Timur tahun (2010-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayati_A72214070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Sejarah Perkembangan Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah di Desa Sumberwaru Kecamatan Sumberwaru Kabupaten Gresik Jawa Timur tahun (2010-2018). Adapun masalah yang akan dibahas pada skripsi ini sebagai berikut; 1). Bagaimana sejarah berdirinya Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah? 2). Bagaimana perkembangan Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah? 3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah, metode ini menggunakan empat tahap penelitian yaitu, Heuristik (Pengumpulan Sumber), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi (Penafsiran Sumber), dan Historiografi (Penulisan Sejarah). Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologis, pendekatan historis digunakan oleh peneliti untuk menjelaskan sejarah berdirinya Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah serta perkembangannya dan sosiologis digunakan untuk menjelaskan kondisi masyarakat desa Sumberwaru serta hubungan masyarakat dengan Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori respons and callange dan continuity and change. Dengan kedua teori ini penulis berharap akan dapat menjelaskan bahwa Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah bergerak maju dan berkembang serta terdapat tantanga-tantangan didalam pendiriannya. Dengan rumusan masalah yang ada serta dari beberapa penelusuran yang penulis lakukan dari sumber-sumber primer dan sekunder, membuktikan bahwa 1). Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah berdiri sejak tahun 2010 dengan pendirinya yakni Gus Ahmad Yani Iliyin. Bermula dari perintah guru Gus Yin untuk mendirikan sebuah perkumpulan, maka Gus Yin memulai untuk berdakwah dan melakukan perjalanan spiritual bersama 15 muridnya. 2). Dalam perkembangannya, Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah yang mulanya hanya sebuah majelis kemudian beralih menjadi yayasan, sehingga berkembang dalam jumlahnya anggota dan juga kegiatannya. 3). Terdapat dua faktor dalam pendirian Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah, yakni Faktor Pendukung yang mendorong perkembangan Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah kemudian faktor penghambat yang menjadi penghalang dalam berdirinya Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurulnurul8509@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan
Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah Jam'iyah Sholawat Ibrohimiyah; pendidikan non formal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hidayati Nurul
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:04
Last Modified: 09 Aug 2018 02:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26719

Actions (login required)

View Item View Item