Penerapan model fts-markov chain untuk peramalan cuaca di jalur penyeberangan Gresik-Bawean

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliek, Binar |Rahmawati Dwi Prihatni (2018) Penerapan model fts-markov chain untuk peramalan cuaca di jalur penyeberangan Gresik-Bawean. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binar Rahmawati Dwi Prihatni Aliek_H92214022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cuaca merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh bagi sebagian besar masyarakat. Cuaca buruk tentunya akan menghambat sebagian besar kegiatan dalam kehidupan masyarakat. Untuk mengetahui perkiraan keadaan cuaca yang akan datang, maka dapat dilakukan dengan peramalan terhadap parameter cuaca. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode FTS-Markov Chain. Metode FTS-Markov Chain ini dapat menyelesaikan nilai penyimpangan dari suatu nilai hasil prediksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dari suatu peramalan atau prediksi cuaca di jalur penyeberangan Gresik-Bawean. Setelah itu, akan dilakukan perhitungan error dengan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk mengetahui tingkat keakuratan dari model prediksi yang telah dibuat. Parameter cuaca yang digunakan dalam penelitian ini adalah data angin dan gelombang di tiga titik lokasi pada daerah penyeberangan Gresik-Bawean. Hasil penelitian ini dari data angin, gelombang 1, gelombang 2, dan gelombang 3 memiliki nilai MAPE yaitu 0,018 %, 0,001 %, 0,003 %, dan 0,001 % . Nilai MAPE dari masing-masing data kurang dari 10 % yang artinya model yang telah dibangun dari penelitian ini memenuhi kriteria yang sangat baik. Sehingga metode FTS-Markov Chain ini sangat baik untuk diterapkan dalam peramalan cuaca di jalur penyeberangan Gresik-Bawean. Peramalan menggunakan FTS-Markov Chain menghasilkan peramalan selama dua hari ke depan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliek, Binar |Rahmawati Dwi Prihatnibinarbrd06@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Aliek Binar Rahmawati Dwi Prihatni
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:26
Last Modified: 08 Aug 2018 06:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26710

Actions (login required)

View Item View Item