PENGUATAN KELOMPOK TANGGUH BENCANA (PENDAMPINGAN DALAM UPAYA MEMBANGUN KEMANDIRIAN MASYARAKAT SIAGA BANJIR DI DESA PATIHAN KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfia Ningtyas, Mustika Wati (2018) PENGUATAN KELOMPOK TANGGUH BENCANA (PENDAMPINGAN DALAM UPAYA MEMBANGUN KEMANDIRIAN MASYARAKAT SIAGA BANJIR DI DESA PATIHAN KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mustika Wati Alfia Ningtyas_B72214040.pdf

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang permasalahan bencana banjir yang sering terjadi di Desa Patihan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. Mulai dari bencana banjir yang datang setiap tahunnya, kurangnya pemahaman siap siaga masyarakat dalam menghadapi bencana banjir, kurang efektifnya kelompok tangguh bencana, kerugian akibat adanya bencana banjir serta belum adanya program pemerintah daerah mengenai FBRB (forum Pengurangan Resiko Bencana guna membangun kemandirian masyarakat. Permasalahan bencana banjir sejak dulu menjadi permasalahan yang sudah biasa terjadi pada masyarakat di Desa Patihan, tetapi penanganan bencana yang dilakukan oleh beberapa pihak tidak dilakukan secara maksimal sehingga belum jelas perubahannya. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam pendampingan ini adalah Participatory Action Research (PAR) yaitu melakukan suatu penelitian bersama-sama dengan masyarakat secara partisipatif. PAR mempunyai kekhususan tersendiri yakni terdiri dari partisipasi, riset dan aksi yang saling berhubungan. Pendekatan ini menjadi alat untuk kelompok tangguh bencana menyadari potensi yang mereka miliki agar nantinya dapat muncul penguatan mereka dalam penanggulangan bencana banjir. Melalui penguatan kelembagaan kelompok tangguh bencana sebagai tim lokal di Desa Patihan dalam membangun partisipasi kepada masyarakat setempat yakni untuk mendorong serta dapat mengajak masyarakat agar lebih siap siaga dalam menangani bencana banjir. Dengan melakukan sosialisasi dan pendidikan mengenai kebencanaan untuk membangun masyarakat yang siap siaga akan bencana, melakukan pelatihan siap siaga bencana bersama kelompok tangguh bencana, masyarakat daerah bantaran sungai Bengawan Solo serta masyarakat yang berada di daerah utara tanggul, serta melakukan pembuatan budaya siap siaga melalui media yag nantinya mudah untuk dipahami masyarakat di Desa Patihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfia Ningtyas, Mustika Watitieka_sweet@rocketmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Banjir, Tangguh Bencana, Siaga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ningtyas Mustika Wati Alfia
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:48
Last Modified: 06 Nov 2018 02:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26709

Actions (login required)

View Item View Item