Pesan dakwah dalam buku "The Spiritual of Nature" karya Achmad Saichu Imran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makmun, Sukron (2018) Pesan dakwah dalam buku "The Spiritual of Nature" karya Achmad Saichu Imran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sukron Makmun_B31211057.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Fokus Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pesan dakwah dalam Buku The Spiritual of Nature Karya Achmad Saichu Imran. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode Kulaitatif Non Kanca atau Teks Media. Setelah data diperoleh penulis dari document research dan Depth Interview, data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis wacana model Norman Fairclough. Pada model ini, Fairclough menekankan pada aspek bahasa yang digunakan oleh media yang menggunakan 3 struktur: Teks, Discourse Practice dan Sociocultural Practice. Ketiga level analisis ini kemudian dikaitkan dengan apa yang disebut Fairclough Intertextual Analysis.Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa dalam buku The Spiritual of Nature Karya Achmad Saichu Imran mengandung unsur Aqidah dimana penulis buku mengajak pada semua kalangan untuk kembali memperlakukan alam sebagai makhluk Tuhan dengan menjelaskan hakikat ketuhanan dan alam semesta seperti Firman-Nya yang disampaikan kepada para nabi dan senantiasa mengingat Sang Pencipta. Akhlakul Karimah disini penulis buku mengajak pada semua kalangan untuk bersifat dan bersikap bijak kepada diri sendiri juga sesama makhluk hidup lainnya serta menjaga kelestariannya. Dan Syari’ah yang dimana bahwa penulis buku dengan kemampuan pengamatannya, berusaha menerangkan tentang banyaknya cara kerja perusahaan yang hanya mencari keuntungan bagi perushaannya dalam pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian alam berdampak pada hilangnya mata pencaharian masyarakat. Penelitian ini hanya membahas isi pesan dakwah yang menggunakan metode analisis wacana model Norman Fairclough sebagai metodenya, dalam buku The Spiritual of Nature. Selanjutnya pengaruh pesan dakwah dalam buku ini dapat menjadi bahan kajian peneliti berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makmun, Sukronsukronm117@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Analisis Wacana; Buku "The Spiritual of Nature.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Makmun Sukron
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:53
Last Modified: 08 Aug 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26705

Actions (login required)

View Item View Item