Analisis pesan dakwah akhlak pada video akun instagram @hijabalila

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silmi, Nisa Adilah (2018) Analisis pesan dakwah akhlak pada video akun instagram @hijabalila. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisa adilah silmi_B71214054.pdf

Download (17MB)

Abstract

Perkembangan media teknologi dan informasi yang semakin pesat, menjadi peluang pendakwah untuk masuk kedalamnya. Dakwah masuk kedalam aspek media baru, yaitu internet. Melalui internet, masyarakat dapat berkomunikasi dan menyampaikan serta menyebarkan informasi. Saat ini, Masyarakat berkomunikasi dan mencari informasi melalui media sosial. Hal tersebut menjadi peluang pendakwah untuk menyampaikan ajaran agama Islam. Salah satu media sosial yang banyak diakses oleh masyarakat adalah Instagram. Media instagram memiliki fitur membagikan foto maupun video. Hal tersebut menjadi sarana untuk menyebarkan dakwah dengan konten yang kreatif sehingga menarik masyarakat untuk dilihat, salah satu akun dakwah di instagram adalah @hijabalila. Konten dakwah yang disajikan oleh akun tersebut memiliki ciri khas dan sarat akan visual grafis dengan mengangkat tema yang berbeda beda. Sehingga konten tersebut menarik untuk dikaji tentang bagaimana pesan dakwah akhlak yang terdapat pada video akun instagram @hijabalila.Penelitian teks media dikaji menggunakan analisis semiotik Charles Sanders Pierce yang dikenal dengan teori segitiga makna yaitu tanda, objek dan interpretant dalam menganalisis sebuah tanda- tanda.Hasil penelitian yang sudah dilakukan penulis mengungkapkan terdapat pesan dakwah akhlak dalam 3 video akun instagram @hijabalila. Pesan yang terkandung adalah pertama tentang ajakan berbakti kepada orang tua serta memperlakukannya dengan baik. Kedua, larangan mengejek sebagai bahan tertawaan dan ketiga larangan ghibah dan mengingatkan teman apabila terjebak dalam kemaksiatan.Penulis merekomendasikan penelitian pesan dakwah pada video akun instagram @hijabalila yang akan mendatang menggunakan teori dan analilisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silmi, Nisa Adilahnisaadilahsilmi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Video; Analisis Semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Silmi Nisa Adilah
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:48
Last Modified: 09 Aug 2018 02:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26701

Actions (login required)

View Item View Item