Kontribusi harjo kardi dalam membangun masyarakat samin di dusun jepang desa margomulyo kecamatan margomulyo kabupaten bojonegoro jawa timur 1970-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Siti Nur (2018) Kontribusi harjo kardi dalam membangun masyarakat samin di dusun jepang desa margomulyo kecamatan margomulyo kabupaten bojonegoro jawa timur 1970-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Aini, A02214021 (WM).pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Kontribusi Harjo Kardi Dalam Membangun Masyarakat Samin di Dusun Jepang Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro 1970-2015. Adapun masalah yang akan dibahas pada skripsi ini sebagai berikut: 1). Bagaimana Riwayat Hidup Harjo Kardi? 2). Bagaimana Peran Harjo Kardi Dalam Membangun Masyarakat Samin di Bojonegoro 1970-2015? 3). Bagaimana Respon Mayarakat Terhadap Pembangunan Harjo Kardi di Bojonegoro 1970-2015?.Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah. Metode ini menggunakan empat tahap penelitian yaitu, Heuristik (Pengumpulan sumber), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi (Penafsiran Sumber), dan Historiografi (Penulisan Sejarah). Penelitian ini menggunakan `\pendekatan historis dan sosiologi. Pendekatan historis digunakan oleh peneliti untuk menjelaskan riwayat hidup Harjo Kardi dan kontribusinya dalam membangun masyarakat Samin 1970-2015. Sementara itu, pendekatan sosiologi digunakan untuk menggambarkan bagaimana tanggapan masyarakat atau dampak dari hasil pembangunan yang di lakukan oleh Harjo Kardi. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori peranan. Dengan teori ini penulis berharap akan dapat menjelaskan bahwa Harjo Kardi memiliki peran dalam pembangunan Masyarakat Samin.Dengan rumusan masalah yang ada serta dari beberapa penelusuran yang penulis lakukan dari sumber-sumber primer dan sekunder, membuktikan bahwa 1).Harjo Kardi merupakan generasi ke-IV dari Samin Soerosentiko. Putera dari Suro Karto Kamidin. Beliau tidak pernah mengenyam bangku pendidikan formal. Selama ini beliau belajar secara otodidak. 2). Dalam membangun masyarakat Samin, Harjo Kardi melakukan berbagai hal termasuk membangun prasarana tempat ibdah yaitu masjid dan sarana pendidikan. 3). Harjo Kardi mendapatkan respon yang baik mengenai pembangunan yang telah ia lakukan selama ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Siti Nurnuraini18829@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi
Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Biografi masyarakat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aini Siti Nur
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:53
Last Modified: 08 Aug 2018 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26700

Actions (login required)

View Item View Item